Tidak Buat Orang Kebal, Vaksin Kurangi Gejala Lebih Berat - Lensa Update
Trending
Loading...

17/07/21

Tidak Buat Orang Kebal, Vaksin Kurangi Gejala Lebih Berat


Kraksaan, Lensaupdate.com - Jika ada orang yang sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19, kemudian orang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 lagi, berarti orang tersebut masuk dalam kategori reinfeksi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. Oleh karena itu, meskipn sudah divaksin masih berpotensi bisa tertular selama menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Bukan berarti setelah divaksin seseorang bisa kebal dan tidak bisa tertular Covid-19. Hanya saja saat terkonfirmasi Covid-19 kedua kalinya, gejalanya lebih berat jika tidak divaksin. Cuma karena sudah divaksin maka gejalanya tidak sampai membutuhkan ventilator. Padahal dia mempunyai komorbid tergantung berat derajat Covid-19 tersebut,” katanya.

Dewi menghimbau kepada masyarakat apapun kasus dan varian serta jumlah kasusnya tetap berada di rumah apabila tidak ada kepentingan yang benar-benar mendesak dan urgent. 

“Ini bukan hal yang biasa, karena setiap hari kita mendengar kematian dari orang-orang yang kita kenal. Dan satu kematian itu bukan tidak ada artinya yang bisa jadi dapat mengenai keluarga kita. Jadi harus meningkatkan empati sekarang itu sedang tidak baik-baik saja,” jelasnya.

Oleh karena itu terang Dewi, stay at home merupakan pilihan yang sangat bijak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kalau memang tidak ada kebutuhan yang mendesak biarkan tenaga kesehatan yang berjalan. Supaya orang yang sakit itu tidak menulari tenaga kesehatan.

“Ada saatnya kita sudah berada di titik batas notok banget, sebab kita juga orang bukan robot. Jadi mau abai itu tidak bisa sama sekali, harus benar-benar bersama bisa menjaga. Kalau virusnya itu bersatu, maka kita juga harus bersama-sama menyelesaikan pandemi Covid-19. Kalau tidak bekerja sama, maka pandemi Covid-19 ini tidak akan selesai-selesai,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done