Puluhan Pelajar dan Remaja Desa Kalisalam Divaksin Covid-19 - Lensa Update
Trending
Loading...

20/07/21

Puluhan Pelajar dan Remaja Desa Kalisalam Divaksin Covid-19


Dringu, Lensaupdate.com - Puluhan pelajar dan remaja yang ada di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu mengikuti vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac dosis pertama yang digelar oleh Puskesmas Dringu di Balai Desa Kalisalam Kecamatan Dringu, Senin (19/7/2021).

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan remaja ini dilakukan untuk mendukung program percepatan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal atau herd immunity bagi pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Probolinggo demi keselamatan siswa dan menekan angka penularan virus Covid-19.

Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, para pelajar dan remaja ini secara bergantian mendaftarkan diri sesuai ketentuan persyaratan. Kemudian dilakukan skrining dengan mengecek tekanan darah dan pertanyaan dari dokter terkait penyakit bawaan. Jika memenuhi persyaratan tersebut, selanjutnya dilakukan penyuntikan vaksin Sinovac dosis pertama oleh tenaga medis dari Puskesmas Dringu.

Usai penyuntikan vaksin, para pelajar dan remaja ini dilakukan observasi selama 30 menit untuk mengetahui reaksi setelah divaksin. Setelah dirasakan tidak mengalami permasalahan pada tubuh, mereka diperkenankan untuk beraktivitas seperti biasanya. Para pelajar mendapat kesempatan dosis kedua sesuai jadwal yang ditentukan petugas.

Kepala Puskesmas Dringu drg. Reni Meutia menjelaskan vaksinasi untuk kalangan pelajar dan remaja telah dilaksanakan pertama kalinya di Balai Desa Kalisalam dengan jenis vaksin Sinovac. Pelayanan ini juga dilakukan secara mobile di desa-desa lain dan di sekolah-sekolah sesuai jadwal yang ditentukan.

"Vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal atau herd immunity sangat penting bagi pelajar dan remaja. Vaksin yang diberikan yaitu untuk menekan angka penularan Covid-19. Saya menghimbau kepada pelajar dan remaja untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan meskipun meskipun sudah divaksin," katanya.

Selain di Kecamatan Dringu, pencanangan vaksinasi jenis Sinovac dosis pertama bagi para pelajar dan remaja usia 12 hingga 17 tahun juga dilaksanakan di Balai Desa Muneng Kecamatan Sumberasih dengan peserta sebanyak 7 (tujuh) orang. (Aulia Puspita/Fastabiqul Khoirot)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done