Lonjakan Kasus Didominasi Hasil Skrining Kontak Erat - Lensa Update
Trending
Loading...

12/07/21

Lonjakan Kasus Didominasi Hasil Skrining Kontak Erat


Kraksaan, Lensaupdate.com - Lonjakan penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo terjadi pada Minggu (11/7/2021). Tercatat ada 73 kasus baru sehingga totalnya mencapai 3.825 kasus dengan 261 kasus aktif, 3.348 kasus sembuh dan 216 kasus meninggal dunia.


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan penambahan kasus harian Covid-19 ini paling banyak didominasi hasil skrining dari kontak erat. Selanjutnya suspect dan pelaku perjalanan.


"Kalau kontak erat bisa saja dia penunggu pasien yang sedang terkonfirmasi positif Covid-19. Biasanya sebelum keluar dari rumah sakit mereka dilakukan swab PCR dulu. Kalau kontak erat ini biasanya tanpa gejala," katanya.


Menurut Dewi, suspect ini adalah orang sakit banyak yang tidak bergejala dibandingkan dengan yang bergejala. Jumlah orang yang suspect yang sakit mencapai 21 orang dari total 73 orang. "Jadi penambahan 73 kasus ini terdiri dari hasil skrining, suspect dan kontak erat. Terbanyak berasal dari kluster keluarga," jelasnya.


Dewi menerangkan untuk yang suspect saat ini sudah ada di RSUD Waluyo Jati Kraksan, RS Rizani Paiton, RSU Wonolangan Dringu dan RSUD Tongas. Sementara yang tidak bergejala sudah mulai ditarik ke rumah isolasi. Kecuali jika hasil swab antigennya positif. Tapi biasanya jika swab antigen positif dulu, maka langsung dilakukan pemeriksaan swab PCR.


"Oleh karena itu, jika mereka OTG belum ditarik ke rumah isolasi terlebih dulu. Namun setelah hasil swab PCR positif baru mereka ditarik ke rumah isolasi," terangnya.


Lebih lanjut Dewi menegaskan penentuan zona saat ini tidak memakai jumlah kasus lagi tetapi menggunakan jumlah testing yang dilakukan. Kalau dulu mungkin beberapa layanan kalau ada yang positif satu rumah mungkin hanya diswab antigen, tetapi sekarang tidak bisa dan harus memakai swab PCR semua. Makanya mengapa sampelnya banyak, kebetulan penularannya lebih banyak dan lebih mudah menyebar. Jadi penambahannya lebih banyak.


"Dengan demikian penentuan zona tergantung dari testing. Selama positif Fertility Rate lebih dari 5 persen berarti testingnya masih kurang. Karena itulah target untuk Kabupaten Probolinggo per minggu 1.600 testing. Artinya, 1 orang per 1000 penduduk per minggu. Tetapi itu orang bukan sample," tegasnya.


Dewi meminta kepada masyarakat agar bersama-sama ikut mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap berada di rumah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Kalau tidak penting-penting sekali tidak usah kemana-mana. Apalagi sekarang hajatan sudah tidak boleh sama sekali seiring dengan penerapan PPKM Darurat," pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done