Bulan Agustus, Pastikan Balita Mendapatkan Vitamin A - Lensa Update
Trending
Loading...

30/07/21

Bulan Agustus, Pastikan Balita Mendapatkan Vitamin A


Kanigaran, Lensaupdate.com - Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes dan PPKB) Kota tengah bersiap menyambut Bulan Timbang dan Bulan Vitamin A pada Agustus mendatang.Sejumlah mekanismepun telah dibuat mengingat kegiatan ini dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinkes dan PPKB Kota Probolinggo Setiorini Sayekti meminta masyarakat untuk turut serta mensukseskan bulan timbang pada bulan Agustus dengan berpartisipasi secara aktif untuk memberikan vitamin A yang merupakan hak setiap anak.

“Pastikan balita usia 6-59 bulan mendapatkan Vitamin A untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, asupan makanan dengan gizi seimbang dapat melindungi anak dari berbagai masalah tumbuh kembang anak," katanya.

Sementara Ahli Gizi pada Dinkes dan PPKB Kota Probolinggo Tunik menyampaikan bahwa pemerintah telah membuat sejumlah pedoman untuk melaksanakan posyandu, khususnya dalam bulan timbang dan pemberian vitamin A pada bulan Agustus mendatang. "Sesuai catatan dan evaluasi pada bulan Februari lalu, tidak semua keluarga berani membawa anaknya untuk datang ke posyandu, terlebih masih dalam masa pandemi Covid-19," ungkapnya.

Saat pelaksanaan bulan timbang dan pemberian vitamin A pada bulan Februari 2021 lalu, sekitar 14.717 balita datang ke posyandu.Oleh karena itu, untuk bulan timbang dan pemberian vitamin A pada bulan Agustus mendatang mekanismenya akan dilakukan dengan sistem door to door dengan memaksimalkan peran kader posyandu.

“Kapsul vitamin A kami siapkan dalam kemasan plastik klip yang nantinya kami rekatkan menggunakan solasi pada pagar-pagar rumah warga yang memiliki bayi dan balita. Selanjutnya kami akan monitor melalui kader posyandu serta memastikan vitamin A tersebut diberikan pada si anak dengan mengirimkan bukti foto yang dikirim melalui grup WA,” tegasnya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat yang memiliki balita juga bisa datang ke puskesmas atau pustu terdekat untuk mendapatkan kapsul vitamin A. "Semuanya gratis, tinggal datang saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pandemi bukan alasan untuk melewatkan penimbangan dan pemberian vitamin anak-anak," terangnya.

Selain menimbang berat badan anak jelas Tutik, posyandu juga memberikan layanan lain seperti imunisasi, vitamin A dan suplementasi zinc untuk mencegah penyakit. “Jadi  bulan timbang dan pemberian vitamin A ini sangat penting sekali. Selain untuk kesehatan mata, pemberian vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas untuk menjaga daya tahan tubuh dan pertumbuhan serta reproduksi,” pungkasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done