Warga Kelurahan Sukoharjo Dilatih Penanggulangan Bencana - Lensa Update
Trending
Loading...

16/06/21

Warga Kelurahan Sukoharjo Dilatih Penanggulangan Bencana


Kanigaran, Lensaupdate.com - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menghadiri pelatihan penanggulangan bencana di aula Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, Selasa dan Rabu (15-16/6/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Kelurahan Sukoharjo ini dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman dan keterampilan mencegah terjadinya bencana alam agar masyarakat dapat bergerak cepat dalam menanggapi faktor-faktor risiko bencana. Sebagai narasumber dalam kegiatan yang diikuti 180 orang peserta dari LPM, Pokmas Menara dan RT/RW se-Kelurahan Sukoharjo ini diantaranya BPBD Kota Probolinggo, Babinsa dan Kamtibmas dan Camat Kanigaran.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Camat Kanigaran Agus Riyanto.

Sementara Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengungkapkan bahwa Kelurahan Sukoharjo merupakan salah satu kelurahan yang berstatus rawan karena sering terdampak banjir sehingga masyarakat harus waspada. Untuk itu diperlukan komitmen bersama antara masyarakat, RT/RW, kelurahan, kecamatan dan pemerintah.

“Alhamdulillah di tahun lalu tidak terjadi dampak banjir. Melalui pelatihan ini dapat membuka pola pikir agar tidak mudah menyalahkan pemerintah. Masyarakat dapat memberi masukan dan mendukung sehingga dapat berjalan bersama dan menjaga satu sama lain,” katanya.

Menurut Wali Kota Habib Hadi, pemerintah tidak mungkin tahu apabila ada potensi-potensi yang menyebabkan terhambatnya aliran sungai dan lain-lain. Untuk itu diharapkan masyarakat di Kelurahan Sukoharjo mampu mendeteksi sejak awal potensi masalah dan segera mencarikan solusi melalui pemerintah agar tidak terjadi banjir di setiap tahun.

“Hal-hal yang kurang bagus jangan dijadikan kebiasaan. Kalau memang ini biasa terjadi banjir, dicari apa sebabnya dan jangan dibiarkan. Kita berharap masyarakat di Kelurahan Sukoharjo tidak terlena (meski tidak banjir sejak tahun lalu) bahkan normalisasi sungai harus terus dilakukan. Diperlukan kesadaran diri masing-masing agar tidak muncul potensi-potensi bencana yang tidak diinginkan," pungkasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done