Warga Desa Wringin Anom Mahir Membuat Keterampilan Rajut - Lensa Update
Trending
Loading...

18/06/21

Warga Desa Wringin Anom Mahir Membuat Keterampilan Rajut


Tongas, Lensaupdate.com - Pelatihan rajut yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo bagi masyarakat Desa Wringin Anom Kecamatan Tongas resmi berakhir..

Penutupan pelatihan rajut tersebut ditutup oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPPKB Kabupaten Probolinggo Umi Setyowati di Balai Desa Wringin Anom Kecamatan Tongas, Jum’at (18/6/2021) pagi.

Sebanyak 15 orang peserta telah mengaplikasikan ilmu pengetahuan merajut dari narasumber selama 5 (lima) hari dalam mengikuti pelatihan. Dimana terdapat macam bentuk rajutan hasil karya dari para peserta. Diantaranya rajutan konektor masker, dompet uang koin dan slingbag rajut.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPPKB Kabupaten Probolinggo Umi Setyowati menyerahkan sertifikat pelatihan rajut secara simbolis kepada perwakilan peserta. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada tiga orang yang dinilai memiliki hasil rajutan yang baik.

Sekretaris Desa Wringin Anom Paiman menyampaikan pelatihan ini membawa manfaat yang besar khususnya para ibu-ibu rumah tangga. Tentunya pihak pemerintahan desa mendukung penuh jalannya pelaksanaan pelatihan rajut. 

“Hasil rajutnya dapat dipasarkan melalui via online. Disisi lain hasil karya merajutnya dapat dikenal oleh masyarakat Kecamatan Tongas pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” ujarnya.

Sementara Supaidah salah satu peserta dari Dusun Darungan Barat Desa Wringin Anom menyampaikan dengan adanya pelatihan ini akan membawa manfaat bagi golongan ibu-ibu rumah tangga. Selain mengisi waktu kosong dirumah, dapat digunakan untuk merajut yang akan membantu kebutuhan ekonomi. Merajut adalah keterampilan yang membutuhkan kesabaran. Semenjak adanya pengetahuan merajut inilah dapat menjadikan diri untuk berbuat sabar dan tekun.

“Kami atas nama peserta pelatihan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE yang memberikan kesempatan pelatihan rajut bagi para ibu-ibu, khususnya para janda. Kami akan selalu berusaha dan terus mengasah keterampilan merajut ini hingga menghasilkan hasil yang baik serta membantu penghasilan keluarga nantinya,” tegasnya.

Sedangkan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPPKB Kabupaten Probolinggo Umi Setyowati menjelaskan setelah mengikuti pelatihan rajut ini, para peserta nantinya tidak berhenti sampai disini saja. 

“Harapannya untuk selalu berlatih dan terus berkreasi merajut membuat yang lainnya. Ini merupakan kesempatan yang baik dalam memberdayakan perempuan kreatif dan meningkatkan perekonomian,” katanya.

Umi menerangkan keterampilan merajut ini tidak meninggalkan kewajiban seorang ibu rumah tangga. “Bahkan disela-sela waktu yang kosong dapat dimanfaatkan untuk merajut. Outputnya hasil rajutan tersebut dapat dipasarkan dan nantinya dapat menambah penghasilan keluarga,” harapnya. (Aulia Puspita/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done