Vaksinasi Kabupaten Probolinggo Berdasarkan Jumlah Vaksin Diterima Capai 84,23% - Lensa Update
Trending
Loading...

14/06/21

Vaksinasi Kabupaten Probolinggo Berdasarkan Jumlah Vaksin Diterima Capai 84,23%


Kraksaan, Lensaupdate.com - Hingga Sabtu (12/6/2021) pukul 19.00 WIB, vaksinasi berdasarkan jumlah vaksin yang diterima untuk Kabupaten Probolinggo mencapai 84,23%. Capaian ini menempatkan Kabupaten Probolinggo berada di urutan kedua di Jawa Timur berdasarkan laporan data manual kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko mengatakan berdasarkan laporan data manual kabupaten/kota, total penerimaan vaksin tahap 1 dan 2 (dosis) Kabupaten Probolinggo sebanyak 192.990 dosis. Pemakaian vaksin dosis 1 sebanyak 126.999 dosis dan dosis 2 sebanyak 35.565 dosis sehingga totalnya 162.564 dosis.

“Dari jumlah tersebut, kebutuhan untuk dosis ke-2 sebanyak 91.434 dosis, sisa vaksin berdasarkan penerimaan dan pemakaian sebanyak 30.426 dosis dan sisa vaksin setelah dikurangi pemenuhan dosis ke-2 sebanyak 61.008 dosis,” katanya.

Menurut Mujoko, capaian vaksinasi ini merupakan akumulasi dari vaksinasi yang sudah dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes), petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) yang ada di Kabupaten Probolinggo. 

“Untuk saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinggo ini berada di urutan kedua di Jawa Timur. Tetapi data ini akan terus bergerak. Kita saat ini urutan ke-2, tetapi besok bisa naik atau turun,” jelasnya.

Mujoko menerangkan dari data ini bahwa Kabupaten Probolinggo kecepatan vaksinasinya yang dilakukan oleh puskesmas dan rumah sakit sangat luar biasa. Hal ini merupakan suatu  upaya untuk menguatkan kegiatan preventif dan promotif dalam upaya membendung penyebaran Covid-19. 

“Karena dengan kecepatan vaksinasi secara serentak dan merata akan mendorong terjadinya kekebalan individu, kelompok dan masyarakat sehingga akan terhindar dari penularan Covid-19. Tetapi sebelum 70% hingga 100% penduduk Kabupaten Probolinggo tervaksin, seluruh  masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas),” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done