Sekda Soeparwiyono Buka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III - Lensa Update
Trending
Loading...

10/06/21

Sekda Soeparwiyono Buka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III


Kraksaan, Lensaupdate.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono secara resmi membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) bagi Golongan II dan III Formasi 2018-2019 Secara Blended Learning Pola Kemitraan Provinsi Jawa Timur di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (10/6/2021).

Pembukaan yang dihadiri oleh Plt Sekretaris BPSDM Provinsi Jawa Timur Aries Irwansyah Bachtiar Efendi dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas serta penyematan tanda peserta secara simbolis.

Latsar CPNS yang mengambil tema “Penguatan etika dan integritas aparatur guna mendukung terwujudnya aparatur yang profesional dalam pelaksanaan tugas pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan” ini diikuti oleh 391 orang CPNS dengan perincian golongan II formasi 2018 9 orang, golongan II formasi 2019 sebanyak 218 orang dan golongan III formasi 2019 sebanyak 164 orang. Terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 181 orang, tenaga pendidik sebanyak 113 orang dan tenaga teknis sebanyak 60 orang.

Tenaga pengajar/widyaiswara berasal dari widyaiswara/pengajar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, pengajar dari pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta Kodim 0820 Probolinggo.

Selain di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, pembukaan Latsar CPNS ini juga diikuti secara virtual oleh ratusan CPNS pada tempat-tempat yang sudah disediakan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Pelaksanaan kegiatan latsar CPNS ini dilakukan secara blended learning dengan 3 (tiga) tahapan pembelajaran. Meliputi MOOC (Massive Online Open Courses), distance learning/pembelajaran secara daring serta klasikal/tatap muka selama 6 (enam) hari.

Sebelum pembelajaran klasikal peserta akan di swab test PCR oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Latsar CPNS tahun ini dengan 6 (enam) gelombang 12 (dua belas) angkatan dan peserta wajib tinggal di asrama. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan diklat di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo Jl. Raya Dringu Nomor 81 Dringu-Probolinggo.

Kepala BKD Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi serta menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain itu, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono mengatakan Pegawai Negeri Sipil sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dalam melaksanakan manajemen sebagai ASN. 

“Seperti kita ketahui bersama didalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan bahwa PNS berkewajiban mengakomodir tuntutan masyarakat terhadap PNS dimana integritas, profesionalitas dan berkinerja optimal menjadi nilai-nilai utama,” katanya.

Saat ini telah terjadi pergeseran paradigma PNS dua dekade yang lalu dimana menempatkan birokrasi sebagai aparatur negara yang minta dilayani oleh masyarakat. “Sedangkan saat ini telah menjadi paradigma baru bahwa PNS harus tanggap akan perkembangan yang terjadi di masyarakat yang bergerak secara dinamis dan harus mampu menjawab tantangan dari tujuan otonomi daerah yaitu mewujudkan akuntabilitas kinerja yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Sekda Soeparwiyono, Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam bingkai otonomi daerah melakukan berbagai terobosan dan strategi untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja aparaturnya. 

“Upaya ini dimulai ketika seorang pelamar yang dinyatakan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil melalui rekruitmen yang transparan dan profesional kemudian dilakukan pembekalan berupa pelatihan dasar dengan materi yang intinya untuk membentuk mental yang tangguh dan mampu menjawab segala tantangan perkembangan zaman serta memiiki jiwa mengabdi kepada masyarakat,” jelasnya. 

Sekda Soeparwiyono menegaskan guna mencapai kinerja yang baik, tentunya pelatihan dasar ini dimaksudkan agar para CPNS mendapatkan bekal dasar sebagai Pegawai Negeri Sipil, bukan hanya bekal teknis semata akan tetapi juga bekal untuk membentuk sikap dan perilaku yang mencerminkan etika sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Kehadiran saudara di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara umum. Secara khusus, kehadiran saudara di satuan kerja di mana saudara ditempatkan, diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja satuan kerja saudara dalam melaksanakan program-program kerja yang ada. Untuk itu, saudara harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi loyalitas serta tidak lelah untuk berinovasi dalam bekerja,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done