Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Pengawasan Usaha Perikanan Tangkap - Lensa Update
Trending
Loading...

21/06/21

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Pengawasan Usaha Perikanan Tangkap


Dringu, Lensaupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) memberikan sosialisasi pengawasan usaha perikanan tangkap di UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/Payau Diskan Kabupaten Probolinggo, Senin (21/6/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari Pokmaswas yang berasal dari Kecamatan Sumberasih dan Tongas. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi Pengawasan Wilayah Pengelolahan Perikanan Negara Republik Indonesia di Perikanan Darat (WPP NRI PD) oleh Yanuar Garibaldi dari Satwas SDKP Probolinggo dan Sosialisasi Perundang-undangan Bidang Perikanan oleh Suyono selaku Kaurbinops Polairud Polres Probolinggo.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengatakan sumberdaya ikan sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia merupakan salah satu sumber bahan pangan gizi masyarakat. 

“Sumberdaya Ikan (SDI) juga merupakan sumber penghasilan bagi semua pelaku sektor perikanan, meningkatkan derajat ekonomi masyarakat serta menjadi sumber pendapatan dan devisa negara,” katanya.

Menurut Dedy, kegiatan ini diperlukan karena selama ini adanya praktek penangkapan ikan dengan menggunakan alat penangkap ikan (API) yang tidak ramah lingkungan, baik penangkapan ikan di laut maupun di perairan umum darat yang menyebabkan penurunan SDI serta mengancam kelestarian SDI dan lingkungannya.

“Pengendalian dan pengawasan pengelolaan SDI yang dilakukan melalui pembinaan, sosialisasi dan pemasangan papan himbauan belum sepenuhnya efektif sehingga perlu melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya dalam hal ini Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) untuk efektifnya pengendalian dan pengawasan,” jelasnya.

Dedy menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peraturan dan ketentuan di bidang perikanan serta mensosialisasikan perkembangan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perikanan khususnya perikanan tangkap.

“Harapannya diharapkan Pokmaswas terus aktif berpartisipasi dalam melaporkan kejadian pelanggaran hukum di bidang perikanan dan semakin banyak pelaku usaha perikanan yang taat/patuh melakukan kegiatan penangkapan ikan sesuai peraturan/ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya. (Aulia Puspita/Fastabiqul Khoirot)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done