Pemkab Probolinggo Berikan Pelatihan Managemen Bisnis Bagi Pelaku Usaha Mikro - Lensa Update
Trending
Loading...

22/06/21

Pemkab Probolinggo Berikan Pelatihan Managemen Bisnis Bagi Pelaku Usaha Mikro


Krejengan, Lensaupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan pelatihan managemen bisnis bagi pelaku usaha mikro di Ridho Resort Desa Krejengan Kecamatan Krejengan, Selasa dan Rabu (22-23/6/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang pelaku usaha mikro dari 8 (delapan) kecamatan meliputi Kecamatan Pakuniran, Besuk, Kraksaan, Kotaanyar, Paiton, Pajarakan, Gading dan Krejengan. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang manajemen bisnis dari Ketua UKM Jawa Timur Nico Trisno Prahoro.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Zulkarnain mengatakan di masa pandemi Covid-19 dan persaingan bisnis yang semakin ketat dan padat, UKM harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing atau pelaku usaha lainnya. 

“Dalam strategi pemasaran produk UKM, seorang pelaku usaha harus mengetahui keinginan dari konsumen sehingga bisa menciptakan produk yang diinginkan oleh para konsumen,” katanya.

Untuk itu jelas Zulkarnain, perlu dilakukan evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk inovasi. “Serta pelaku usaha akan sulit untuk berkembang jika pelaku usaha tidak mengetahui bagaimana caranya memasarkan suatu produk,” jelasnya.

Menurut Zulkarnain, kegiatan ini bertujuan membekali pelaku usaha tentang Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengembangkan usahanya serta memberikan informasi-informasi terkait dengan informasi bisnisdan managemen kewirausahaan.

“Selain itu, membangun hubungan yang harmonis dengan konsumen, mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen berupa salah satu ilmu pemasaran yaitu riset pemasaran yang berperan untuk mengetahui keinginan konsumen serta perilaku konsumen serta menjaga pertumbuhan usaha dalam jangka waktu panjang,” ujarnya.

Zulkarnain menerangkan dalam menjalankan usaha sebagai pelaku usaha pastilah mengenal dan mendengar istilah kata manajemen. Sebagai pengelola atau pemilik usaha harus memahami kata managemen itu sendiri, maka pengertian managemen disini tentu menyangkut hampir semua hal. 

“Oleh sebab itu, jika kita sebagai manajer atau pemilik bisnis tersebut, maka kita harus berfikir menyeluruh. Itu karena managemen menyangkut hidup dan matinya suatu bisnis,” terangnya.

Paling tidak jelas Zulkarnain, ada beberapa hal yang harus dikelola dengan baik, diantaranya adalah manajemen keuangan, manajemen SDM atau pegawai, manajemen resiko, manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen pengembangan serta manajemen pemulihan. Semua hal tersebut harus diperhatikan dengan baik dan serius.

“Jika sistem managemen sudah baik, kita tinggal mengkontrolnya agar tidak lepas dari pengawasan. Sistem managemen yang baik tidak hanya akan mempermudah pengelolaan bisnis melainkan juga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done