Motivasi Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro - Lensa Update
Trending
Loading...

25/06/21

Motivasi Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro


Kuripan, Lensaupdate.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo memberikan motivasi kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro di aula KPRI KOPI SEMI Kecamatan Kuripan, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto ini diikuti oleh 35 UKM binaan dan UKM pemula yang ada di wilayah pendukung wisata dari Kecamatan Sukapura, Sumber, Lumbang, Kuripan dan Bantaran. Sebagai narasumber hadir Yustina Suhandini Tjahjaningsih.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan keberadaan usaha mikro memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, bagi Kabupaten Probolinggo serta bagi pelaku usaha itu sendiri.

“Di masa pandemi Covid-19 ini banyak pelaku usaha khususnya usaha mikro yang gulung tikar, bangkrut dana tau alih profesi. Maka dari itu mari kita bersama-sama bangkit kembali untuk memulai atau mempersiapkan mental kita, tekat kita untuk selalu berkarya sesuai dengan keahlian masing-masing,” katanya.

Anung mencontohkan di Kecamatan Kotaanyar ada potensi kolang kaling dan gula aren yang penjualannya dilakukan secara glondongan ataupun tradisional maka potensi buah kolang kaling dan gula aren tersebut dibuat menjadi olahan makanan (kerupuk kolang kaling) serta di Desa Jetak Kecamatan Sukapura juga terdapat potensi buah stroberi yang dijual melalui wisata petik buah dan dilatih olahan stroberi (dodol dan sirup) untuk dijadikan olahan yang mempunyai nilai tambah dalam penjualannya.

“Kami berupaya keras walaupun dalam masa pandemi Covid-19, kita masih eksis sehingga potensi lokal yang ada di masing-masing wilayah tidak terbuang dengan percuma. Selain itu perlu adanya pemasaran secara online sehingga tidak bertatap muka secara langsung dengan konsumen,” jelasnya.

Dengan kegiatan ini Anung mengharapkan akan muncul jiwa semangat baru untuk mendorong tumbuh kembangnya usaha mikro di wilayah Kabupaten Probolinggo. “Kami siap untuk mendukung baik dari sisi pembinaan maupun lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro di wilayah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done