Kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo Digembleng Hadapi MTQ XXIX Provinsi Jatim - Lensa Update
Trending
Loading...

27/06/21

Kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo Digembleng Hadapi MTQ XXIX Provinsi Jatim


Kraksaan, Lensaupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) memberikan pembinaan kepada Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Probolinggo untuk menyongsong MTQ XXIX Provinsi Jawa Timur tahun 2021 di Kabupaten Pamekasan pada bulan Nopember 2021 mendatang.

Kegiatan yang digelar di lantai dasar Kantor Bupati Probolinggo, Sabtu (26/6/2021) ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto didampingi Kabag Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim serta pemateri dari  Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) NU Kota Kraksaan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo serta mantan peserta yang senior.

Pembinaan yang menghadirkan pembina dan hakim dari wilayah Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 38 peserta yang merupakan hasil dari MTQ Kabupaten Probolinggo tahun 2020 yang sudah diseleksi kembali 2 bulan yang lalu. Dengan demikian ini benar-benar yang mendapatkan tiket ke Pamekasan terutama umur sesuai golongannya.

Mereka akan turun dalam 8 (delapan) cabang meliputi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzdil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Khottil Qur’an (MKQ), Musabaqoh Syarhi Qur’an (MSQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Makalah Qur’an, Tafsir Qur’an dan Hadits.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim mengungkapkan kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan, skill dan kemampuan dengan berbagai variasi yang begitu dinamis, mewujudkan peserta yang tangguh lahir dan batin serta memberikan pemahaman cinta Kabupaten Probolinggo dengan penuh rasa dan tanggung jawab. Harapannya dapat meningkatkan mutu untuk meraih presrasi,” ujarnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan bahwa semua peserta yang sudah masuk di pembinaan ini merupakan semua aset Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tentunya semuanya akan diperhatikan sesuai dengan ketentuan.

“Latihan mandiri sangat mendukung untuk meraih prestasi di MTQ Jawa Timur yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan. Jangan lupa untuk memperbanyak ikhtiar lahir dan batin,” katanya. 

Pembinaan kali ini merupakan pembinaan yang keempat dari lima pembinaan yang sudah direncanakan. Nanti pada pembinaan yang kelima mereka akan bermalam semua. Disitu juga ada agenda riyadoh bersama tahajjud, istighotsah serta doa bersama yang diawali dengan tabarrukan di maqbaroh ulama besar di Kabupaten Probolinggo.

Saat pelaksanaan MTQ ke-XXVIII Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Kabupaten Tuban, Kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo berhasil meraih juara 2 Hot Bidang Naskah, juara 3 Hot Bidang Temporer, juara 3 Tafsir Bahasa Indonesia putri serta juara harapan 2 MHQ 10 juz. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done