Fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo Sampaikan PU Terhadap Raperda LPj Pelaksanaan APBD 2020 - Lensa Update
Trending
Loading...

17/06/21

Fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo Sampaikan PU Terhadap Raperda LPj Pelaksanaan APBD 2020


Pajarakan, Lensaupdate.com – Sebagai tindak lanjut dari pembacaan Nota Penjelasan Bupati Probolinggo Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2020, DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi Terhadap Raperda LPj Pelaksanaan APBD tahun 2020, Kamis (17/6/2021) siang.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jon Junaidi ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Forkopimda serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Laporan Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD merupakan muara bagi perwujudan pemerintahan yang baik (good governance). Esensi ini akan dapat diwujudkan dalam praktek pemerintahan, apabila benar-benar dilakukan secara transparan, jujur, demokratis dan responsif. Melalui tata cara ini pula akan mampu melakukan evaluasi secara kritis, obyektif dan akurat atas kinerja setiap kegiatan, program dan kebijakan serta segenap kendala yang terjadi.  

Dalam PU Fraksi-fraksi ini disebutkan bahwa setelah membaca dan mempelajari LPj Pelaksanaan APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020, Fraksi NasDem, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Fraksi Partai Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih perlu mendapatkan penjelasan untuk beberapa hal.

Fraksi NasDem menyarankan kepada pemerintah karena akhir-akhir ini perkembangan Covid-19 secara nasional menunjukan peningkatan yang luar biasa, maka pemerintah daerah perlu lebih mengantisipasi dengan extra karena saat ini di Kabupaten Probolinggo menunjukan angka kenaikan dibandingkan beberapa hari yang lalu dimana penderita Covid-19 pernah zero atau tidak ada penambahan kasus.

Selanjutnya Fraksi PKB menerangkan belanja daerah dan pendapatan tranfer pada nota penjelasan dengan di anggaran setelah perubahan dan realisasi itu juga perbedaan angka dan selisihnya sangat jauh sekali. Apakah memang tidak sama atau memang ada perbedaan antara isi nota penjelasan, Rancangan Peraturan Bupati Tentang Penjabaran Pertanggungjawaban dan belanja daerah dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020. Nota tersebut seharusnya tidak menyimpang dari penjabaran, anggaran setelah perubahan dan realisasi anggaran. Karena ini sangat berpengaruh pada APBD tersebut.

Kemudian, Fraksi Partai Golkar mengapresiasikan kinerja Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2020, dimana PAD yang di anggarkan sebesar Rp 251.853.285.137,80 terealisasi sebesar Rp 254.884.191.561,70 atau 101,20%. Harapan Fraksi Golkar dengan adanya pencapaian ini pembangunan dan perbaikan infrakstruktur terus ditingkatkan lagi terutama untuk target jalan mantap supaya bisa segera direalisasikan dengan memperbaiki jalan rusak yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Probolinggo kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo sehingga ada harmonisasi hubungan antara pemerintah dan rakyat.

Lalu Fraksi Gerindra menyampaikan setelah mempelajari Nota Penjelasan dan lampiran laporan keuangan tahun 2020, Fraksi Gerindra memohon penjelasan kepada pemerintah terkait dengan kajian menyeluruh pada rencana program kegiatan yang berorientasi pada belanja untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas khususnya dalam bidang infrastruktur jalan umum/jalan mantap di wilayah pegunungan pada tahun mendatang. Pada laporan keuangan daerah Fraksi Gerindra memohon penjelasan terkait permasalahan yang dihadapi dinas terkait dan bagaimana cara mengukur capaian pemerintah pada dinas tersebut?

Fraksi PPP menegaskan dalam masa pandemi ini target-target banyak yang tidak tercapai. F-PPP menanyakan apakah ada target yang tercapai sesuai dengan output yang diinginkan? Dalam hal masa pandemi ini, F-PPP cukup mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah sukses untuk menekan laju penyebaran virus corona ini di Kabupaten Probolinggo. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan diangkat oleh Allah SWT .

Terakhir Fraksi PDI-P menyampaikan sebagaimana kita ketahui bahwa problem persampahan sangatlah mengganggu kepada aktifitas masyarakat di beberapa daerah seperti di Pasar Maron dan Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan yang masih saja adanya masyarakat membuang sampah pada tempat-tempat sembarangan yang sangat berdampak kepada pola hidup sehat masyarakat. 

Padahal Peraturan Daerah Tentang Sampah sudah diterapkan. Oleh karena itu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta kepada eksekutif untuk menangani masalah persampahan secara serius dan meminta penjelasan kiat apa yang akan dilakukan oleh eksekutif untuk menangani permasalahan sampah tersebut?

Pembahasan ini masih akan berlangsung dengan agenda Jawaban Eksekutif atas PU Fraksi-fraksi Terhadap LPj Pelaksanaan APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done