Empat Perangkat Daerah Kota Probolinggo Raih Kategori Baik Pengelolaan Arsip Internal - Lensa Update
Trending
Loading...

22/06/21

Empat Perangkat Daerah Kota Probolinggo Raih Kategori Baik Pengelolaan Arsip Internal



Kanigaran, Lensaupdate.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Probolinggo memberikan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkungan Pemkot Probolinggo di Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Selasa (22/6/2021). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Habib Hadi juga menyerahkan Laporan Hasil Audit Kearsipan Internal kepada Perangkat Daerah yang dinilai berhasil dalam mengelola arsip internal. Dari 34 perangkat daerah yang dinilai, 4 perangkat daerah meraih kategori Baik (B), 8 perangkat daerah meraih kategori Cukup (C), 19 perangkat daerah kategori Kurang (CC) dan 4 lainnya meraih kategori Sangat Kurang (D). Keempat perangkat daerah yang meraih Kategori Baik tersebut diantaranya Bagian Pemerintahan, Kecamatan Wonoasih, Bagian Umum serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Berdasarkan data dari situs resmi Pemkot Probolinggo menyebutkan bahwa audit kearsipan itu meliputi aspek pengelolaan arsip dinamis dan aspek sumber daya kearsipan. Pada kedua aspek inilah, pengelolaan kearsipan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Ketika aspek tersebut dilaksanakan dan didukung dengan maksimal oleh semua PD, maka nilai audit akan semakin baik. Sebaliknya semakin baik nilai pengawasan kearsipan maka semakin baik pula pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengapresiasi perangkat daerah yang dengan sungguh-sungguh mengelola arsipnya dengan baik serta menyediakan depo atau gudang arsip untuk menyimpan arsipnya masing-masing. ”Saya tekankan kepada masing-masing perangkat daerah untuk mempunyai gudang atau tempat khusus untuk menyimpan arsipnya. Sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi dan menjamin keamanan terhadap dokumen atau arsip yang disimpan,” katanya.

Menurut Wali Kota Habib Hadi, peran pengelolaan arsip sendiri juga sangat penting dalam rangka menampilkan rekam jejak segala aktivitas pemerintahan dan merupakan salah satu unsur penting yang akan dinilai dalam keberhasilan penilaian reformasi birokrasi. "Dengan pengawasan kearsipan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, diharapkan mampu mendorong terwujudnya penyelenggaraan kearsipan yang efektif dan efisien untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik lebih baik," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Probolinggo Paeni Efendi menyatakan pelaksanaan audit kearsipan internal telah dilaksanakan mulai tanggal 12 April hingga 10 Mei lalu. Alur mekanismenya melalui penyampaian formulir audit, dilanjutkan survey dan wawancara langsung ke lokasi masing-masing perangkat daerah, dan diakhiri penyusunan laporan hasil audit kearsipan internal.

"Dari hasil laporan audit tersebut diketahui bahwa audit dan pengawasannya terdiri dari penciptaan arsip, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan dan sumberdaya kearsipan dan sarana serta prasarana kearsipan. Masing-masing aspek memiliki standar penilaian masing-masing perangkat daerah. Secara umum dalam penyelenggaraan kearsipan pada aspek penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan arsip sebenarnya sudah cukup baik, akan tetapi pada aspek penyusutan, sumber daya kearsipan serta prasarana dan sarana kearsipan masih sangat kurang," ungkapnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done