Eksekutif Jawab PU Fraksi Terhadap LPj Pelaksanaan APBD 2020 - Lensa Update
Trending
Loading...

18/06/21

Eksekutif Jawab PU Fraksi Terhadap LPj Pelaksanaan APBD 2020


Pajarakan, Lensaupdate.com – DPRD Kabupaten Probolinggo, Jum’at (18/6/2021) pagi kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo terhadap Raperda Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2020.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Lukman Hakim ini dihadiri oleh Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari pihak eksekutif hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Jawaban Eksekutif atas PU Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo ini dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. Satu persatu jawaban terhadap PU Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo disampaikan.

Terhadap PU Fraksi Partai NasDem, salah satu jawaban yang disampaikan terhadap saran Fraksi Partai NasDem agar pemerintah daerah meningkatkan penanganan dampak pandemi Covid-19 disampaikan terima kasih. Sebab hal tersebut telah sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menanggulangi pandemi Covid-19 melalui upaya-upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Selanjutnya terhadap PU Fraksi Kebangkitan Bangsa, salah satu jawaban yang disampaikan adalah terhadap pertanyaan adanya perbedaan angka anggaran belanja daerah dan pendapatan transfer tahun 2020 yang tercantum dalam nota penjelasan dengan yang tercantum dalam ringkasan realisasi APBD tahun 2020, dapat dijelaskan bahwa angka yang tercantum dalam nota penjelasan adalah angka setelah pergeseran terakhir yang dilakukan setelah Perubahan APBD tahun 2020. Sedangkan yang tercantum dalam ringkasan realisasi APBD tahun 2020 Raperda adalah anggaran belanja daerah dan pendapatan transfer yang tercantum dalam P-APBD tahun 2020, mengingat dalam aplikasi SIMDA pada kolom anggaran di Laporan Realisasi Anggaran hanya bisa membaca anggaran perubahan saja. 

Adapun anggaran belanja daerah dan pendapatan transfer pada pergeseran setelah P-APBD, dijelaskan dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) yang merupakan lampiran dari Raperda Tentang Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran tahun 2020, yang besarnya sama dengan anggaran belanja daerah dan pendapatan transfer yang tercantum dalam nota penjelasan dan sesuai dengan hasil audit BPK.

Terhadap PU Fraksi Partai Golkar, salah satu jawabannya menyampaikan terima kasih pula atas apresiasi Fraksi Partai Golkar kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah tahun 2020. Adapun harapan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur terhadap target jalan mantap diperhatikan dan menjadi prioritas dalam pembangunan tahun 2021 dan tahun-tahun yang akan datang.

Kemudian terhadap PU Fraksi Gerindra, salah satu jawabannya adalah terkait harapan Fraksi Gerindra agar pemerintah daerah melakukan kajian menyeluruh rencana program kegiatan pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya jalan umum/jalan mantap 
di wilayah pegunungan ditahun mendatang, bersama ini disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah melakukan kajian survei kondisi jalan untuk jalan kabupaten. 

Dengan kajian tersebut diperoleh data kerusakan jalan sesuai dengan jenisnya. Selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk penanganan perbaikan jalan. Dan jalan-jalan  dengan kondisi rusak berat termasuk  pada daerah-daerah di wilayah pegunungan pada tahun mendatang akan menjadi prioritas kegiatan.

Terkait dengan pengukuran capaian kinerja pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah disampaikan secara rinci dalam Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).

Lalu terhadap PU Fraksi PPP, salah satu jawaban yang disampaikan adapun dalam masa pandemi ini dan adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 maka terdapat beberapa target yang tidak tercapai antara lain pembangunan infrastruktur jalan maupun infrastruktur lainnya.

Disampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi PPP kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam upaya menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Probolinggo. Hal ini tidak terlepas dari dukungan DPRD, pelaku usaha dan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Terakhir Fraksi PDI-P, salah satu jawaban yang disampaikan adalah terhadap pertanyaan Fraksi PDI-P kiat-kiat yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menangani permasalahan sampah, dapat dijelaskan antara lain memperbanyak sarana dan prasarana persampahan (kontainer sampah, dump truk), meningkatkan frekuensi pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan meningkatkan edukasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Diakhir penyampaian jawabannya, Soeparwiyono menyampaikan apabila jawaban tersebut masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut dapat dibahas pada rapat-rapat berikutnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done