Bupati Probolinggo Launching Probolinggo Scout Build Innovation 2021 - Lensa Update
Trending
Loading...

21/06/21

Bupati Probolinggo Launching Probolinggo Scout Build Innovation 2021


Gading, Lensaupdate.com – Bupati Probolinggo Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo secara resmi melaunching kegiatan Probolinggo Scout Build Innovation tahun 2021 di kediaman Herdi Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo, Senin (21/6/2021). 

Launching ini ditandai dengan pemukulan kentongan dan dilanjutkan dengan penyerahan alat bakti dan sembako kepada penerima manfaat oleh Bupati Tantri didampingi oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak H Arum Sabil dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Kegiatan yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Sugeng Wiyanto, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif, Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Suharto, Forkopimka Gading selaku Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Gading, Ketua Kwartir Rantng serta Majelis Pembimbing Desa Condong.


Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengaku sangat bangga karena pramuka masih tetap berkarya dan beraktifitas meskipun masih suasana pandemi Covid-19. Hal ini bukan halangan tetapi tantangan untuk dihadapi untuk mencari solusi.

“Probolinggo Scout Build Innovation tahun 2021 merupakan kegiatan bagi anggota pramuka penegak dan pandega dibantu anggota Brigade Penolong dan pramuka peduli yang berupa renovasi rumah tidak layak menjadi layak untuk dihuni sebanyak 24 rumah di 24 kecamatan,” ujarnya.

Wakil Bupati Probolinggo ini menerangkan, pramuka senantiasa akan membantu dalam rangka memajukan Kabupaten Probolinggo. Karena pada hakekatnya, pramuka maju maka Kabupaten Probolinggo akan maju. “Majunya ini dikarenakan banyak sekali program dari pramuka yang bersinggungan dengan program Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Kak Timbul menegaskan pada intinya gerakan pramuka bukan urusan teori, tetapi bagaimana kehadiran pramuka bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Oleh karena itu pembinaan yang dilakukan bukan hanya pembinaan mental saja, tetapi pembinaannya nanti diharapkan bisa bermanfaat saat turun ke tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahun kedua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo mencoba untuk mengarahkan kegiatannya sekaligus mengajak para anggota pramuka Kabupaten Probolinggo bagaimana mewujudkan pramuka, khususnya generasi muda ini lebih peka terhadap lingkungan.  Salah satu perwujudannya adalah dengan kegiatan rehab rumah bagi rumah tidak layak huni di Kabupaten Probolinggo. 

“Menariknya memang pramuka ini dari awal mendorong para anggota pramuka khususnya penegak yang ada di 24 kecamatan untuk mencari permasalahan. Mereka dengan berkelompok mencari permasalahan-permasalahan di kecamatan maupun desa. Kemudian memilih mana yang paling urgen untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Dari situlah, maka hadirlah Probolinggo Scout Build Innovation tahun 2021,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, pendekatannya adalah dengan membangun rumah tidak layak huni sebanyak 24 unit di 24 kecamatan dari adik-adik anggota pramuka Kabupaten Probolinggo. ”Tentu ini secara implisit menjelaskan kepada kita semua bahwa pramuka harus menjadi gerakan terdepan, semacam organisasi kepemudaan terdepan untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah menyelesaikan seluruh tantangan dan persoalan yang ada di daerah. Salah satunya adalah permasalahan sosial,” jelasnya.


Selain itu jelas Bupati Tantri, kegiatan ini juga menjelaskan kepada semua bahwa kegiatan-kegiatan kepramukaan itu tidak hanya kemudian sekedar berkemah, menyanyi, api unggun, bersenang-senang, tongkat, tali temali dan lain sebagainya.

“Ini adalah kegiatan riil yang diharapkan mampu mengasah kepekaan kita semuanya antar warga sesama Kabupaten Probolinggo berkaitan dengan permasalahan sosial. Saya mengapresiasi langkah dari Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dan seluruh anggota pramuka yang terus berikhtiar dan bersemangat bersama-sama membantu Pemerintah Daerah menyelesaikan segala persoalan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.


Sedangkan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Arum Sabil mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Probolinggo Scout Build Innovation Tahun 2021 yang digagas oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

“Saya mengapresiasi karena saya melihat Bupati Probolinggo bukan hanya sekedar melakukan bedah rumah saat ini, tetapi lebih mendalam Beliau memberikan keteladanan dan kepeloporan tentang bagaimana membangun kehidupan bersosial kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam hal ini jelas Kak Arum Sabil, pramuka diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana mempelajari kehidupan sosial masarakat. “Bedah rumah itu sebuah peradaban. Bedah rumah itu adalah kemanusiaan. Didalamya itulah Bupati Probolinggo selaku Kamabicab memberikan ruang dan kesempatan kepada pramuka untuk belajar tentang hal tersebut. Mudah-mudahan ini menjadi teladan bagi kita semua,” harapnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman) 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done