BPBD Kabupaten Probolinggo Salurkan Bantuan Barang ke Desa Terdampak Banjir Dringu - Lensa Update
Trending
Loading...

25/06/21

BPBD Kabupaten Probolinggo Salurkan Bantuan Barang ke Desa Terdampak Banjir Dringu


Dringu, Lensaupdate.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyalurkan bantuan barang ke Desa Dringu dan Kedungdalem Kecamatan Dringu sebagai desa terdampak banjir Dringu, Rabu (23/6/2021).

Bantuan barang tersebut merupakan bantuan yang berasal dari donator yang menyumbang uang pada waktu terjadinya banjir yang nominalnya mencapai Rp 79.533.200. Selanjutnya uang tersebut dibelikan gerobak dorong 20 buah, cangkul 100 biji, sekrop 100 biji, semen 5 sak, karung/glangsi 10.000 lembar, timba 100 buah, baju plampung 50 biji, sepatu bot 100 buah, lampu senter 10 buah dan terpal 10 lembar.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan barang untuk Rukun Kematian di Desa Dringu Kecamatan Dringu. Bantuannya terdiri dari kompor 3 buah, tabung LPG 3 kg 3 buah, wajan 3 buah, panic 3 buah, dandang 3 buah dan tempat nasi 3 buah.

Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo kepada Kepala Desa Dringu dan Kepala Desa Kedungdalem didampingi Camat Dringu Siti Mu’alimah di Pendopo Kecamatan Dringu.

“Semoga bantuan barang untuk penanganan banjir ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Dringu dan Kedungdalem seandainya sewaktu-waktu terjadi banjir. Karena masyarakat bisa langsung melakukan kerja bakti tanpa harus bingung-bingung karena barangnya sudah tersedia,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga mengatakan bantuan barang ini berasal dari donator yang memberikan bantuan berupa uang pada waktu terjadi banjir beberapa bulan lalu. 

“Jadi bantuan uang dari donator ini kita berikan kepada Desa Kedungdalem dan Desa Dringu dalam bentuk barang untuk keperluan seandainya ada banjir untuk kerja bakti masyarakat. Fokusnya memang kepada dua desa tersebut karena memang langganan banjir setiap tahun,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan pemberian bantuan barang ini bertujuan apabila nanti ada sesuatu yang berkaitan dengan banjir, masyarakat di dua desa tersebut siap dengan peralatan yang ada sehingga tidak mencari kemana-mana peralatannya karena sudah disiapkan. Untuk bantuan kepada Rukun Kematian di Desa Dringu ini hanya memenuhi usulan yang sudah dibuat dari Rukun Kematian desa tersebut.

“Harapannya begitu nanti sudah terbentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Dringu dan Kedungdalem, masyarakat sudah siap karena peralatannya sudah tersedia,” jelasnya.

Menurut Sugeng, penyaluran bantuan barang dari uang yang berasal dari donator ini sudah dikoordinasikan dengan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. Sebab kalau diserahkan uangnya sangat rawan sehingga dirupakan dalam bentuk barang kebutuhan yang berkaitan dengan banjir.

“Dengan pemberian bantuan barang untuk penanganan banjir ini diharapkan kalau ada banjir dalam skala kecil mereka suda bisa sigap untuk melakukan kerja bakti tanpa harus mencari kemana-mana peralatannya karena sudah tersedia, sehingga bisa cepat terselesaikan oleh masyarakat,” pungkasnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done