Bakesbangpol Kota Probolinggo Sosialisasikan UU Ormas - Lensa Update
Trending
Loading...

14/06/21

Bakesbangpol Kota Probolinggo Sosialisasikan UU Ormas


Mayangan, Lensaupdate.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo memberikan sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) kepada tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (tomas) se-Kota Probolinggo di Aula Bakesbangpol Kota Probolinggo, Senin (14/6/2021) siang.

Sosialisasi ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan UU Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan agar masyarakat itu sendiri dapat berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berdasarkan data dari Bakesbangpol Kota Probolinggo menyebutkan bahwa ormas di Kota Probolinggo sebanyak 117 ormas dan 64 LSM. Dimana perkembangan ormas yang signifikan dengan aktivitas dan dinamika keberadaannya yang semakin kompleks menuntut tata kelola yang lebih baik termasuk dalam hal evaluasi keberadaan ormas.

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setda Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo mengatakan ormas merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan negeri dan bangsa. "Untuk itu, peran organisasi kemasyarakatan dalam pembangunan daerah, khususnya Kota Probolinggo sangat dibutuhkan," katanya.

Pengawasan eksternal terhadap ormas selain dilakukan oleh pemerintah, juga dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menjalankan fungsinya sebagai fungsi kontrol atas keberadaan dan kegiatan ormas di Kota Probolinggo.

“Bentuk pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat dapat dilakukan melalui pengaduan kepada pemerintah daerah yang dapat disampaikan secara tertulis atau tidak tertulis,” tegasnya.

Tapi dengan adanya pengawasan dari pemerintah dan masyarakat jelas Gogol, bukan berarti membatasi gerak dan kegiatan dari ormas. Melainkan untuk meningkatkan dan menjamin terlaksananya fungsi dan tujuan ormas dengan baik.

“Alhamdulillah, Bakesbangpol telah membuat inovasi yang fungsinya untuk memfasilitasi ormas, toga, tomas dan siapapun yang mau melaporkan keberadaan dan atau memperbarui organisasinya yang sudah dilaporkan ke Bakesbangpol Kota Probolinggo serta melaporkan pengaduan tentang ormas. Bisa di cek websitenya," pungkasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done