Perpustakaan Patriot Desa Brumbungan Lor Juarai Lomba Perpusdes - Lensa Update
Trending
Loading...

06/05/21

Perpustakaan Patriot Desa Brumbungan Lor Juarai Lomba Perpusdes


Kraksaan, Lensaupdate.com – Setelah melalui tahapan penilaian yang cukup ketat, akhirnya Perpustakaan Patriot Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending berhasil terpilih sebagai juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya sebagai juara 2 diraih Perpustakaan Rohiqol Ilmi Desa Binor Kecamatan Paiton dan juara 3 diraih Perpustakaan Desa Juara Desa Sepuhgembol Kecamatan Wonomerto. Atas prestasi tersebut ketiga perpustakaan umum desa (Perpusdes) tersebut mendapatkan hadiah berupa tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Hadiah kepada ketiga para pemenang tersebut diserahkan oleh Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Abdul Halim didampingi Kepala Bidang Perpustakaan Suryana Nuring Perbawani di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo, Rabu (5/5/2021) siang.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Abdul Halim mengucapkan selamat kepada para juara lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tahun 2021. Keberhasilan ketiga perpustakaan umum desa ini patut untuk diteladani oleh desa yang lain dan harapannya bisa berkembang dengan yang lain.

“Perpustakaan desa memang sangat diperlukakan karena untuk meningkatkan minat baca. Desa itu adalah pemerintahan yang terdepan dalam melaksanakan segala program pemerintah,” katanya.

Halim mengharapkan dengan adanya lomba ini nantinya akan memacu dan memicu kita semua untuk mengajak masyarakat agar senang membaca. Karena orang yang senang membaca akan bertambah ilmunya. Membaca ini adalah sebuah keharusan dan sudah menjadi kewajiban kita untuk terus membaca. Dengan membaca bisa meningkatkan peradaban suatu bangsa. 

“Harapannya supaya terus ditingkatkan pelayanan di desa ini dan sangat strategis sekali untuk mendukung masyarakat supaya gemar membaca terutama terkait literasi di segala bidang. Semoga keberadaan perpusdes ini bsa menginspirasi masyarakat untuk gemar membaca,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani mengatakan lomba Perpusdes ini bertujuan untuk memberian motivasi dan pembinaan kepada pengurus supaya lebih meningkatkan pelayanan perpusdes kepada masyarakat.

“Melalui lomba Perpusdes ini kami mengharapkan para pengurus bisa lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa betah berada di perpustakaan. Karena manfaat dari keberadaan perpusdes ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sedangkan Ketua Perpusdes Patriot Faqih Rizky Muhammad mengaku masih baru belajar di tingkat perpusdes karena usianya baru 2 tahun. Hanya saja program-programnya beberapa dianggap layak oleh Dispersip Kabupaten Probolinggo sehingga dirasa cukup baik untuk mengikuti lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2021.

“Harapan saya mudah-mudahan prestasi ini menjadi cambuk bagi semua pengurus Perpusdes Patriot supaya ke depannya bisa lebih baik tentunya pada program kegiatan gemar membaca di tingkat desa,” katanya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done