Pemkab Probolinggo Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-113 - Lensa Update
Trending
Loading...

20/05/21

Pemkab Probolinggo Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-113


Kraksaan, Lensaupdate.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kamis (20/5/2021) pagi memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tahun 2021 di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo. Peringatan Harkitnas ini mengambil tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”.

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peringatan Harkitnas ke-113 tersebut Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo. 

Sebagai Perwira Upacara adalah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Komandan Upacara adalah Camat Sukapura Rochmad Widiarto, pembaca Teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Nur Rachmad Sholeh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), pembaca do’a adalah Kabag Kesra Didik Abdul Rohim, pengibar bendera berasal dari siswa/siswi SMAN 1 Kraksaan serta Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo. Serta, diikuti secara virtual oleh seluruh ASN yang ada di masing-masing OPD dan kecamatan se-Kabupaten Probolinggo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan momentum untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. “Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini,” katanya.

Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi yang sudah melanda secara global lebih dari setahun ini. Sembari bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tangguh dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak misinformasi, disinformasi dan hoaks. 

“Terutama ditujukan untuk menjaga kesatuan sebagai bangsa. Terakhir, tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah ekonomi digital. Di tengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh pesat,” jelasnya. 

Pandemi Covid-19 memaksa semua untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

“Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia, tanpa sadar, melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non-digital menjadi digital,” terangnya.

Hari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. “Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital semakin maju,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri didampingi Sekda Soeparwiyono menyerahkan hadiah berupa tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para juara Lomba Inovasi Daerah Tahun 2021 dan tali asih kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo Prijono yang akan memasuki purna tugas. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done