Pemkab Probolinggo dan Kementerian Kominfo Teken MoU Implementasi Gerakan Menuju Smart City - Lensa Update
Trending
Loading...

21/05/21

Pemkab Probolinggo dan Kementerian Kominfo Teken MoU Implementasi Gerakan Menuju Smart City


Kraksaan, Lensaupdate.com – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tahun 2021 menjadi momentum bagi Kabupaten Probolinggo menuju kota cerdas (smart city). Hal ini seiring dengan ditandatanganinya (teken) Nota Kesepakatan Antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo Tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Probolinggo pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Bromo Tengger Semeru.

Penandatanganan MoU Implementasi Gerakan Menuju Smart City yang dilakukan secara virtual ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan dengan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Kamis (20/5/2021). 

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh 48 kabupaten/kota lain di Indonesia dan Ibu Kota Negara Baru. Sementara Pemkab Probolinggo mengikuti kegiatan tersebut di Lantai 2 Kantor Bupati Probolinggo.

Turut mendampingi Bupati Tantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Inspektur Tutug Edi Utomo, Kepala Bappeda Santiyono, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Anung Widiarto, Kepala Disporaparbud Sugeng Wiyanto, Kepala Badan Keuangan Daerah Dewi Korina, Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono, Kabag Hukum Priyo Siswoyo serta sejumlah perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengaku sangat bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendapatkan hibah program smart city dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia. 

“Tentu ini adalah sebuah program yang kita tunggu-tunggu dan sebetulnya kita impikan telah lama berkaitan dengan smart city. Harapannya program smart city dalam hal ini lebih menekankan pada digitalisasi di berbagai sektor,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, program smart city ini bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan mengajak bersama-sama masyarakat Kabupaten Probolinggo dan luar Kabupaten Probolinggo untuk melek digital. 

“Jadi saya pikir digitalisasi ini menjadi sebuah keharusan hari ini dengan persaingan industri 4.0. Pandemi Covid-19 memaksa kita merubah pola sosial, pola pelayanan dan seterusnya dan seterusnya. Tentu sangat relevan dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersyukur atas hibah ini. Kita siap mendukung dan mensupport sehingga smart city ini bisa berjalan segera mungkin dan bisa dinikmati oleh kita semua,” tegasnya.

Sementara Menteri Kominfo RI Johnny G. Plate mengungkapkan sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait lainnya telah menginisiasikan Gerakan Menujuh Smart City di 100 Kabupaten/Kota. Saat ini, program tersebut telah memasuki masa evaluasi.

“Tahun ini kami melanjutkan inisiasi Gerakan Menuju Smart City tersebut dengan memperluas pendampingan pengembangan Kota Cerdas di kawasan pariwisata prioritas nasional dan kawasan ibu kota negara baru, yang tentunya perlu kita sukseskan bersama,” ungkapnya.

Program ini menekankan pada 6 pilar utama Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. “Tujuan besar dari seluruh upaya transformatif ini adalah agar seluruh masyarakat Indonesia di manapun mereka berada mendapatkan manfaat maksimal dari perkembangan teknologi digital yang sedang berlangsung,” jelasnya.

Johnny menegaskan penandatanganan nota kesepakatan ini diharapkan menjadi langkah baik dan konkret untuk menjamin kolaborasi lintas sektor dapat berlangsung dengan baik, terutama untuk memastikan implementasi masterplan (rencana induk) Kota Cerdas di masing-masing wilayah berjalan cepat.

“Dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional, mari kita bersama-sama menuju kebangkitan digitalisasi Indonesia melalui Gerakan Menuju Smart City dan menyongsong Indonesia semakin tangguh, semakin terkoneksi dan semakin maju menjadi kota cerdas,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done