Pasca Libur Lebaran, Kepala PD Pemkot Probolinggo Jalani Cek Kesehatan dan Rapid Tes Antigen - Lensa Update
Trending
Loading...

21/05/21

Pasca Libur Lebaran, Kepala PD Pemkot Probolinggo Jalani Cek Kesehatan dan Rapid Tes Antigen


Kanigaran, Lensaupdate.com - Pasca libur lebaran, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemkot Probolinggo menjalani sejumlah rangkaian pengecekan kesehatan dalam Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) sekaligus Rapid Tes Antigen, Jum'at (21/5/2021) di Ruang Puri Manggala Bakti Kantor Wali Kota Probolinggo.

Pengecekan kesehatan secara rutin ini juga digelar dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia yang diperingati pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Hipertensi merupakan istilah medis dari kondisi medis dengan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat memicu berbagai komplikasi dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke hingga kematian. Oleh karenanya, hipertensi disebut-sebut sebagai salah satu penyebab umum kematian di dunia.

Plt Kepala Dinkes P2KB Kota Probolinggo dr NH Hidayati mengatakan, siapa pun bisa terkena hipertensi. Beberapa faktor risiko yang memicu hipertensi di antaranya diet tidak seimbang dengan tingginya asupan garam, lemak jenuh dan lemak trans, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman berakohol serta kelebihan berat badan.

"Orang dengan riwayat hipertensi pada keluarga juga berisiko mengalami kondisi serupa. Apalagi di suasana lebaran dalam masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan dari para pejabat ini perlu kita cek, untuk mengetahui statusnya terhadap Covid-19 dengan melakukan rapid antigen. Alhamdulillah hasil rapidnya semua negatif,” katanya.

Sementara Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh, pasca merayakan hari lebaran bersama keluarga.

”Lebaran, identik dengan menu makanen enak seperti opor, belum kue-kue kering yang menggoda selera. Saking menikmatinya, tanpa disadari tau-tau kolesterol naik. Seperti yang saya alami ini, tapi ini sekaligus jadi alarm untuk saya agar mulai ketat lagi ngontrol kesehatan tubuh kita, untuk kualitas hidup sehat lebih lama,” ucapnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done