Pandemi Covid-19, Sektor Wisata Turun Drastis - Lensa Update
Trending
Loading...

05/05/21

Pandemi Covid-19, Sektor Wisata Turun Drastis


Kanigaran, Lensaupdate.com - Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo Budi Krisyanto mengatakan sektor wisata mengalami penurunan drastis selama masa pandemi Covid-19 sejak satu tahun terakhir. Dari sisi pengunjung, wisatawan mancanegara dari tahun 2020 ke 2021 hanya tinggal 5 persen. Sebelumnya, pada 2019 masih ada 16 hingga 18 kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Probolinggo.

Sedangkan wisatawan nusantara relatif menurun hingga 50 persen di tahun 2020. Hunian, akomodasi pun terdampak sekitar 30 sampai 40 persen. Dari sisi pajak hotel dan restoran juga mengalami penurunan. Budi Kris mengklaim di triwulan pertama tahun 2021 perlahan perekonomian mulai menanjak.

“Bapak Wali Kota benar-benar memprioritaskan kesehatan masyarakatnya, sehingga kebijakan membuka destinasi wisata perlu kehati-hatian. Untuk destinasi yang patuh prokes diberikan sertifikat adaptasi kebiasaan baru. Jika terjadi pelanggaran akan kami lakukan peringatan melalui tim yang terdiri dari unsur Polres, Kodim, Dinkes, PHRI dan pemandu wisata,”’ kata Budi Krisyanto seperti dilansir dari situs resmi Pemkot Probolinggo.

Dengan penerapan prokes yang konsisten jelas Budi Kris, Kota Probolinggo tidak sampai menutup total tempat wisata tapi melakukan pembatasan jumlah pengunjung. Menariknya, saat ada keterbatasan sarpras untuk protokol kesehatan, munculah partisipasi dan swadaya masyarakat di sekitar tempat wisata tersebut.

Dalam satu tahun terakhir terang Budi Kris, Wali Kota berkomitmen memberikan penguatan seperti pelatihan pokdarwis,homestay pemula, pemandu wisata dan pelaku seni budaya. Pelatihan tersebut diberikan dalam rangka kesiapan wisata sehat di masa pandemi.

“Kami menyiapkan konsep mlaku bareng sambang hotel dan restoran. Menangkap peluang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sandiaga Uno) yang memprioritaskan wisata lokal,” pungkasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done