Dandim 0820 Probolinggo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 - Lensa Update
Trending
Loading...

05/05/21

Dandim 0820 Probolinggo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021


Pajarakan, Lensaupdate.com - Untuk memastikan kesiapsiagaan  pasukan dan personil menjelang libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriyah, Polres Probolinggo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2021” di wilayah hukum Polres Probolinggo, Rabu (5/5/2021).

Operasi kepolisian kewilayahan tersebut secara resmi dilaksanakan mulai tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021. Pelaksanaan operasi ini ditandai dengan penyematan pita operasi dalam apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Probolinggo. 

Dalam apel tersebut, bertindak selaku Pimpinan Apel adalah Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo dan dihadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dan Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo menyatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan mitra kamtibmas lainnya.

Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Pada Operasi Ketupat tahun 2021, substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah adalah mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 agar tidak terjadi klaster-klaster pada saat kegiatan di bulan suci Ramadhan seperti Klaster Pesantren, Klaster Mudik, Klaster Ziarah, Klaster Taraweh dan sebagainya," kata Dandim dalam sambutannya.

Terpisah, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan menuturkan Operasi Ketupat Semeru 2021 kali ini melibatkan 600 personel gabungan yang terdiri dari personel TNI-Polri serta instansi terkait lainnya seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain. Personel tersebut akan ditempatkan pada 3 pos pengamanan yakni di wilayah Paiton, Leces dan di depan Alun-alun Kota Kraksaan.

"Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19. Oleh karena itu kita akan komitmen atas apa yang telah menjadi himbauan pemerintah kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik," 

"Kami berharap masyarakat bisa memahami kondisi saat ini dan mau mengikuti himbauan dari pemerintah, sehingga program penanganan Covid-19 ini bisa berhasil. Kabupaten Probolinggo tetap kondusif dan mampu menekan penyebaran Covid-19 pada momentum Idul Fitri ini," imbuhnya. (Mimie Aulia/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done