Bupati Tantri dan Hasan Aminuddin Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Bin Aminuddin - Lensa Update
Trending
Loading...

13/05/21

Bupati Tantri dan Hasan Aminuddin Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Bin Aminuddin


Kraksaan, Lensaupdate.com - Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE didampingi oleh suaminya yang juga selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin MSi, melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah bersama segenap keluarga besar di Masjid Bin Aminuddin Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Kamis (13/5/2021) pagi.

Sesuai dengan Instruksi Bupati Probolinggo, pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah di masjid pada lingkungan Pondok Pesantren HATI ini juga telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Setiap jamaah yang hadir di Masjid Bin Aminuddin wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun. Agar penerapan phiysical distancing dapat maksimal, jumlah jama'ah sholat pun dibatasi sebanyak 50% dari kapasitas masjid.

Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah ini dihadiri oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Nur Halim serta sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo,l dan anggota Forkopimka Kraksaan.

Terkait kebijakan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah kali ini Bupati Tantri mengemukakan bahwa situasi kondisi saat ini tidak sama dengan tahun lalu. Dimana saat itu pihaknya secara pribadi memang tidak berani untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah di masjid yang memungkinkan banyak orang untuk berkumpul.

Bupati Tantri selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo berkomitmen bahwa sholat Idul Fitri kali ini boleh dilaksanakan asalkan betul-betul berkomitmen dan ikhtiar bersama untuk mematuhi isi dari surat edaran terkait pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Surat Edaran Bupati telah jelas disampaikan bahwa Sholat Idul Fitri boleh dilaksanakan oleh warga dimana warga tersebut berada di zona hijau, kuning dan oranye. Dengan syarat, yang pertama adalah menerapkan protokol kesehatan, memberlakukan wajib masker dan pemberlakuan jarak aman pada shaf sholat," ungkap Bupati Tantri seusai melaksanakan Sholat Idul Fitri.

Selain itu lanjut Bupati Tantri, pelaksanaan sholat dan khotbah agar tidak terlalu lama, yakni tidak lebih dari 15 menit dan selepas sholat Idul Fitri untuk sementara budaya bersalam-salaman ditiadakan. Pihaknya berharap melalui ikhtiar tersebut apa yang telah dirindukan oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo dan Indonesia pada umumnya kedepannya mampu untuk berkehidupan semi normal.

"Kami berharap semoga pelaksanaan Sholat Idul Fitri pada masjid-masjid lainnya di Kabupaten Probolinggo juga sama-sama berkomitmen dalam melaksanakan ikhtiar ini. Menghadapi pandemi Covid-19 ini tidak akan mampu dilaksanakan oleh kelompok atau parsial, tetapi harus kompak dilaksanakan bersama masyarakat," tandasnya.

Sementara itu terpisah, Hasan Aminuddin dalam sambutannya mengatakan pandemi Covid-19 belum berakhir, tidak ada yang bisa dilakukan selain beriktiar dan berdoa kepada Allah SWT agar pandemi ini segera berakhir dan diangkat oleh Allah SWT dari muka bumi ini. 

Idul Fitri menurut Mustasyar PCNU Kota Kraksaan ini juga memiliki makna  merayakan kemenangan. Kualitas ibadah di bulan suci ini juga merupakan landasan agar lebih baik pada bulan Ramadhan 1443 H, baik dalam habblum minallah maupun habblum minannaas. 

"Al fakir selaku wakil rakyat dan Ibu Tantri selaku pelayan rakyat pada pemerintahan Kabupaten Probolinggo tentunya banyak salah dan khilaf, banyak kekurangan yang mana akan menjadi pelajaran untuk penyempurnaan di masa yang akan datang pada pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat," katanya.

"Alhamdulillah kita semua telah dikuatkan menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan tahun ini. Semoga puasa dan seluruh amal ibadah kita pada bulan suci Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Mohon maaf lahir batin selamat Hari Raya Idul Fitri dan semoga kita jumpa kembali di Idul Fitri 1443 H," pungkasnya. (Mimie Aulia/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done