Pemkab Probolinggo Berikan Sosialisasi dan Pendampingan Aplikasi E-BLUD - Lensa Update
Trending
Loading...

20/04/21

Pemkab Probolinggo Berikan Sosialisasi dan Pendampingan Aplikasi E-BLUD


Mayangan, Lensaupdate.com - Untuk menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang terstandar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) memberikan sosialisasi dan pendampingan aplikasi E-BLUD bagi SKPD-BLUD di lingkungan Pemkab Probolinggo, Selasa dan Rabu (20-21/4/2021) di ruang pertemuan Paseban Sena Probolinggo.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono. Selama kegiatan peserta mendapatkan bimbingan dan pengetahuan dari 10 orang narasumber. Diawali dari Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Komaedi

Selama dua hari, kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari pengelola keuangan Dinas Kesehatan, RSUD Waluyo Jati Kraksaan, RSUD Tongas, 33 Puskesmas, Bagian Perekonomian dan SDA serta Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo yang outputnya dapat menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel, handal dan relevan.

Sosialisasi dan pendampingan aplikasi E-BLUD ini sangat penting yang dalam halnya  untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh BLUD dalam melakukan administrasi pengelolaan keuangan BLUD. Agar nantinya seluruh BLUD dapat menerapkan pengelolaan keuangan yang terstandar sesuai peraturan perundang-undangan dan standar akuntansi BLUD.

Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Komaedi melalui virtual mengungkapkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar bagi seluruh stakeholder tentang peran dan tanggung jawab masing-masing dalam proses pengelolaan keuangan BLUD. “Dengan aplikasi (eletronik Badan Layanan Umum Daerah) dapat membantu pengelolaan keuangan secara tertib, efektif dan efisien,” ujarnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono menjelaskan pola pengelolaan keuangan BLUD (PPK-BLUD) suatu pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah satuan kerja perangkat daerah atau unit kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan serta dalam melakukan kegiatannya didasari pada prinsip efisiensi dan produktivitas,” katanya.

“Untuk 2 (dua) rumah sakit dan 33 Puskesmas atau SKPD lain yang ingin menerapkan PPK-BLUD harus memenuhi beberapa persyaratan yakni syarat subtantif, syarat teknis, syarat administratif dan rencana strategis bisnis-standart pelayanan minimal,” tambahnya. (Aulia Puspita/Fastabiqul Khoirot)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done