Tujuh Desa/Kelurahan Ikuti Lomba Evaluasi Desa/Kelurahan Berseri Jatim - Lensa Update
Trending
Loading...

23/03/21

Tujuh Desa/Kelurahan Ikuti Lomba Evaluasi Desa/Kelurahan Berseri Jatim


Dringu, Lensaupdate.com – Sebanyak 7 (tujuh) desa/kelurahan di Kabupaten Probolinggo mengikuti Lomba Evaluasi Desa/Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) Tingkat Povinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya pada 16 hingga 18 Maret 2021, ketujuh desa/kelurahan ini mengikuti evaluasi teknis dilakukan pada 3 (tiga) kategori yang berbeda. Yakni, dua desa menuju Kategori Pratama meliputi Desa Kalirejo Kecamatan Dringu dan Desa Brani Kulon Kecamatan Maron.

Kemudian tiga desa/kelurahan menuju Kategori Madya meliputi Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Desa Sukomulyo Kecamatan Pajarakan dan Desa Bago Kecamatan Besuk. Serta dua desa menuju Kategori Mandiri meliputi Desa Binor Kecamatan Paiton dan Desa Krejengan Kecamatan Krejengan.

Ketujuh desa/kelurahan tersebut didatangi oleh tim evaluasi lapangan yang berasal dari DLH Provinsi Jawa Timur dan praktisi lingkungan didampingi tim dari DLH Kabupaten Probolinggo dan Bakorwil V Jember.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Sujarwatiningsih mengatakan program desa/kelurahan Berseri ini dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jatim dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa/kelurahan dan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan lestari.

“Kegiatan ini dimaksudkan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup secara mandiri, memperkuat kapasitas masyarakat dalam melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta mewujudkan Kabupaten Probolinggo Hijau melalui desa/kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri,” katanya.

Menurut Sujarwatiningsih, komponen yang dinilai dalam evaluasi teknis ini adalah kelembagaan dan partisipasi masyarakat, pengelolaan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). “Prinsip program Desa/Kelurahan Berseri meliputi partisipatif, berkelanjutan dan berbasis masyarakat,” pungkasnya. (Desi Wulandari/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done