Tiga Bulan Paska Vaksinasi Dosis 2, Vaksin Sinovac Hasilkan Imunitas 99,2% - Lensa Update
Trending
Loading...

08/03/21

Tiga Bulan Paska Vaksinasi Dosis 2, Vaksin Sinovac Hasilkan Imunitas 99,2%


Kraksaan, Lensaupdate.com - Prof. Kusnandi Rusmil, guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran sekaligus sebagai Ketua Tim Uji Klinis vaksin Sinovac mengatakan bahwa vaksin Sinovac menghasilkan imunitas 99,2% bila diukur antibodinya setelah 3 bulan paska vaksinasi dosis kedua.

"Dari hasil uji klinis yang dilakukannya, setelah 6 bulan memang antibodi akan berangsur-angsur menurun, tapi masih dalam batas 90-an persen, kemudian akan turun lagi dalam 3 bulan berikutnya, dan seterusnya," kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. 

Menurut Dewi,  angka-angka tersebut diperolehnya dari hasil uji klinis tahap 3 dan pengukuran antibodi yang memenuhi standar internasional terhadap 1.620 orang relawan di Bandung.

"Antibodi yang dihasilkan dari vaksinasi memang tidak akan bisa bertahan seumur hidup. Saat ini masih terus dilakukan penelitian untuk mengetahui sampai berapa lama antibodi yang dihasilkan vaksin Sinovac tersebut dapat bertahan di dalam tubuh, sehingga nanti akan diketahui kapan waktu untuk dilakukan vaksinasi ulangan (booster)," jelasnya. 

Sehingga dari data-data tersebut jelas Dewi, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menghimbau serta mengajak masyarakat agar tidak mudah percaya dengan hoax tentang efektifitas vaksin Sinovac dan masyarakat tidak perlu memusingkan dengan hal itu. 

"Mari kita percaya dan beri kesempatan pemerintah untuk berusaha semaksimal mungkin, kita cukup disiplin untuk melakukan protokol kesehatan 5M plus vaksinasi serta Pemkab Probolinggo fokus untuk melakukan 3T dengan masive agar kasus Covid-19 benar-benar dapat kita kendalikan. Jaga kesehatan diri dan keluarga serta segera vaksinasi ya," pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done