Safari Gemarikan, KKP RI Salurkan 500 Paket Produk Olahan Ikan - Lensa Update
Trending
Loading...

21/03/21

Safari Gemarikan, KKP RI Salurkan 500 Paket Produk Olahan Ikan


Dringu, Lensaupdate.com - Untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) agar masyarakat sehat dan berkualitas dalam kehidupannya, Minggu (21/3 /2021) di Kantor Hasan Aminuddin Center Kecamatan Dringu. 

Safari Gemarikan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si beserta Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI Artati Widiarti, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. 

Sebanyak 500 paket produk olahan berbahan dasar ikan yang akan disalurkan bagi masyarakat di Kecamatan Dringu khususnya masyarakat yang terdampak banjir kiriman beberapa waktu yang lalu. Lima desa yang terdampak berkesempatan menerima paket tersebut. Yaitu Desa Dringu, Desa Kedungdalem, Desa Kalirejo, Desa Pabean dan Desa Kalisalam. 

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI Artati Widiarti menjelaskan kegiatan ini memiliki tujuan tertentu yaitu meningkatkan konsumsi ikan khususnya pada anak-anak agar supaya dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. 

"Untuk mengatasi tingginya gangguan pertumbuhan anak karena stunting atau tengkes dan kekurangan gizi kronis anak. Dari data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 secara nasional prevalensi balita tengkes mencapai 30,8% dan haruslah segera diatasi. Dari 30,8% itu artinya bukan hanya kondisi fisik tubuh yang kecil atau kerdil, akan tetapi tingkat kecerdasannya berkurang dan kurang tangkas yang disebabkan kekurangan gizi kronis," katanya.

Kalau menurut data Tengkesdas di tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 27,67%. Angka tersebut masih diatas dari batas toleransi yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia sebesar 20%. "Jadi secara nasional masih tinggi. Perlu kerjasama para semua pihak untuk mengatasinya," tuturnya. 

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang membidangi permasalahan perikanan dan kelautan menyampaikan program ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita yaitu tentunya kesehatan anak. "Program ini selalu ditingkatkan dan dapat membantu perkembangan serta meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya. 

Disela-sela acara tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si beserta Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI Artati Widiarti diikuti anggota DPRD Kabupaten Probolinggo serta Forkopimka Dringu menyerahkan secara simbolis paket produk olahan ikan kepada 5 (lima) orang penerima. (Aulia Puspita/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done