Hulu Hujan Deras, Banjir Kembali Terjang Dringu - Lensa Update
Trending
Loading...

08/03/21

Hulu Hujan Deras, Banjir Kembali Terjang Dringu


Dringu, Lensaupdate.com - Wilayah Kecamatan Dringu kembali diterjang banjir, Senin (8/3/2021) petang. Banjir ini datang ketika sejak pagi hingga sore kemarin wilayah Kecamatan Dringu tidak diguyur hujan. Banjir ini disebabkan air Sungai Kedung Galeng meningkat hingga meluap ke pemukiman warga di Desa Dringu dan Kedungdalem.

Berdasarkan pantauan di lokasi, banjir pertama masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 17.05 WIB. Padahal sejak pagi hingga siang wilayah Kecamatan Dringu sama sekali tidak diguyur hujan. Demikian pula dengan Kabupaten Probolinggo wilayah selatan.

Akan tetapi debit air sungai Kedung Galeng yang berada di antara Desa Dringu dan Kedungdalem naik secara drastis hingga meluap. Air sungai yang tingginya melampaui tanggul sungai itu kemudian menggenangi pemukiman warga.

Zainul, seorang warga Dusun Bandaran Desa Dringu mengaku sudah punya firasat soal akan datangnya banjir. Sehingga meskipun banjir menggenangi rumahnya hingga ketinggian 1 meter lebih, namun dia sudah mengevakuasi barang-barang elektroniknya ke tempat yang lebih tinggi. 

“Kebetulan Senin sore tadi saya melihat sungai sudah mulai keruh dan naik perlahan. Langsung saya lari kerumah dan langsung mengevakuasi TV dan kulkas saya ke atas lemari,” akunya.

Sementara Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan bahwa pihaknya sudah menerjunkan sejumlah personelnya untuk bertugas membantu mengevakuasi warga dan melakukan pemantauan terhadap kondisi banjir. “Anggota kami sudah dilokasi untuk membantu evakuasi warga,” ujarnya.

Tutug menyebut bahwa penyebab banjir masih sama, yakni intensitas hujan di wilayah hulu yang tinggi. Wilayah lereng Gunung Bromo dilaporkan mengalami hujan deras sejak pagi hari.Hal ini masih ditambah dengan kondisi air laut yang tengah mengalami pasang. 

“Tadi luapan air kesatu, kedua dan ketiga disebabkan intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu. Hal ini ditambah dengan pasang air laut yang membuat debit air sungai langsung naik. Mari bersama-sama berdoa semoga air bisa cepat surut,” tegasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done