Haflatul Imtihan Salah Satu Tradisi Alim Ulama Pendiri NU - Lensa Update
Trending
Loading...

22/03/21

Haflatul Imtihan Salah Satu Tradisi Alim Ulama Pendiri NU


Maron, Lensaupdate.com - Haflatul imtihan adalah salah satu tradisi dari para alim ulama para pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang sampai saat ini tetap membudaya di lingkungan pondok pesantren. Adanya majelis ilmu dan silaturahim di dalamnya patut disyukuri oleh para wali santri dan dewan guru pada lingkungan pesantren. 

Hal ini disampaikan Mustasyar PCNU Kota Kraksaan yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si saat menghadiri Haflatul Imtihan ke-24 Pondok Pesantren Raudlatul Istiqomah Desa Suko Kecamatan Maron, Minggu (21/3/2021) malam.  

"Syukur nikmat yang kedua adalah adanya kesempatan bagi para santri untuk tetap belajar secara tatap muka dengan para pengasuh pesantren. Terutama dalam kondisi pandemi ini dimana siswa yang lain saat ini  harus belajar secara virtual dengan bantuan gadget," ungkap Hasan Aminuddin dalam tausiahnya. 

Dalam kesempatan tersebut Hasan Aminuddin juga menyampaikan, santri selaku generasi penerus, birrul waliwalidain adalah kewajiban yang harus ditunaikan. “Salah satu caranya agar orang tua kita tersenyum adalah dengan menimba ilmu dengan tekun di pesantren,” terangnya. 

Pengasuh Pondok Pesantren HATI ini juga mengemukakan, pengasuh ponpes juga harus senantiasa meningkatkan kualitas pesantren agar selalu menjadi pilihan orang tua dalam memilih pendidikan bagi anak-anaknya. Karena kata Hasan Aminuddin, hal ini juga menjadi landasan perjuangan para alim ulama di NU. 

"Kami di Komisi IV DPR RI saat ini juga bekerjasama dengan Perhutani untuk pemanfaatan lahan tidur Perhutani melalui sektor pertanian. Sahabat Ansor telah mengawali hal ini seluas 100 hektar, yayasan pesantren tentu juga bisa memanfaatkan peluang ini sebagai penguat finansial pondok pesantren," tandasnya. 

Turut hadir dalam Haflatul imtihan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kabag Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim dan Kepala Dinas Pendidikan Fathur Rozi. Hadir pula saat itu anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Hj Maria Ulfa, Camat Maron beserta jajaran Forkopimka Maron. (Mimie Aulia/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done