Fenomena Long Covid Harus Segera Ditanggapi Secara Serius - Lensa Update
Trending
Loading...

27/02/21

Fenomena Long Covid Harus Segera Ditanggapi Secara Serius


Kraksaan, Lensaupdate.com - Gejala masih dapat menetap pada penderita positif Covid-19 meskipun hasil swab evaluasi sudah negatif. Hal tersebut dinamakan Long Covid-19. Jadi Long Covid yaitu gejala yang masih dirasakan orang positif Covid-19 lebih dari 28 hari setelah kemunculan.

“Fenomena Long Covid saat ini semakin banyak kita temui seiring dengan bertambah banyak pula angka kesembuhan. Hal ini masih terus diteliti oleh para ahli, dimana baru-baru ini terdapat informasi baru yang menyatakan bahwa sekitar 30% penderita Covid-19 akan mengalami fenomena Long Covid sampai 9 bulan. (Logue,2021),” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, fenomena Long Covid harus segera ditanggapi secara serius karena berakibat pada kondisi fisik dan mental bagi orang yang pernah terinfeksi Covid-19. Fenomema Long Covid dapat terjadi pada pasien rawat inap maupun pada pasien yang tidak rawat inap. Sekitar 76% pasien yang dirawat inap masih mengalami lebih dari 1 gejala setelah 6 bulan paska sembuh (Huang,2021).

“Gejala yang sering dikeluhkan pada penderita Long Covid antara lain sesak, batuk, sesak saat berolahraga, nyeri dada, diare/mual, nyeri perut, mudah lelah meski aktivitas ringan, dan kehilangan penciuman/rasa,” jelasnya.

Dewi menambahkan beberapa faktor yang meningkatkan risiko Long Covid diantaranya memiliki lebih dari 5 gejala saat minggu pertama sakit, ada sesak nafas pada awal gejala, peningkatan usia dan obesitas

“Dari update informasi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sebaiknya kita tidak pernah memberi peluang virus Covid masuk ke tubuh kita karena kita tidak pernah tahu seberapa kuat antibodi tubuh kita dapat mematikan virus ini dan seberapa banyak gejala yang ditimbulkan dapat menyebabkan Long Covid. So, protokol kesehatan 5M tetap merupakan pencegahan yang paling efektif di masa pandemi ini,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done