Diterjang Puting Beliung, Dua Rumah Roboh - Lensa Update
Trending
Loading...

03/02/21

Diterjang Puting Beliung, Dua Rumah Roboh


Bantaran, Lensaupdate.com - Sebanyak dua rumah roboh dan sejumlah rumah warga lain rusak parah akibat diterjang angin puting beliung di 2 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Rabu (3/2/2021) sore.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di lokasi menyebutkan, angin puting beliung ini menerjang Desa Jorongan Kecamatan Leces serta Desa Kropak dan Kramatagung Kecamatan Bantaran. Angin puting beliung terjadi saat hujan deras yang mengguyur pemukiman warga sekitar pukul 15.50 WIB.

Aminah, warga Dusun Bintaosan Desa Kropak Kecamatan Bantaran mengaku saat itu dirinya melihat angin berasal dari barat. Angin tersebut terus berputar-putar di atas rumah. "Semua panik dan mengucapkan Allahu Akbar, Allahu Akbar. Saya pun lari khawatir rumah tertimpa pohon roboh," ungkapnya. 

Menurut Aminah, akibat angin puting beliung ini dua bangunan semi permanen roboh. Yakni kandang sapi dan dapur milik Sayuni. Selain itu, angin puting beliung juga memporak-porandakan dapur milik Pi’ien, Asianto dan atap rumah Sudi Madin.

“Rumah itu yang memang rusak berat. Kalau yang rusak ringan hanya atap dan genteng yang diangkat angin banyak. Pohon-pohon disini juga banyak roboh, namun tidak sampai menimpa rumah,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Sugeng S. Yoga menyampaikan bahwa angin puting beliung juga menerjang Desa Kramat Agung Kecamatan Bantaran. Hal ini menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

“Pohon yang tumbang itu mengenai atap rumah warga atas nama Sama dan Saturi sehingga mengalami kerusakan,” katanya.

Selain itu jelas Sugeng, bencana serupa juga terjadi di Dusun Krajan I dan Durun Krajan II Desa Jorongan Kecamatan Leces. "Di Desa Jorongan ini sebanyak 5 rumah terkena dampak angin puting beliung dengan tingkat kerusakan berbeda," jelasnya.

Sugeng menegaskan untuk data sementara di Desa Jorongan, ada satu rumah rusak berat, satu rumah rusak ringan, satu rumah rusak pada bagian atap, satu dapur rusak dan sebuah gudang kerajinan rusak berat akibat tersapu puting beliung.

"Kami sudah mengirimkan petugas ke tiga lokasi terdampak angin puting beliung itu untuk proses assesment. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil saja,” pungkasnya. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done