Vaksinasi Covid-19 Untuk Membentuk Kekebalan Tubuh - Lensa Update
Trending
Loading...

10/01/21

Vaksinasi Covid-19 Untuk Membentuk Kekebalan Tubuh


Kraksaan, Lensaupdate.com - Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit. Sehingga bila suatu saat terpapar oleh penyakit tersebut tidak akan sakit atau sakit ringan dan dirinya tidak menjadi sumber penularan ke orang lain.

“Tujuan utama vaksinasi Covid-19 adalah mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian karena Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, vaksin akan membuat tubuh kita mengenal virus/bakteri yang akan masuk ke tubuh kita, sehingga bila terpapar virus tersebut, tubuh kita tidak menjadi sakit atau sakit ringan. Cakupan imunisasi yang tinggi akan membentuk herd imunity. 

“Jadi, herd imunity hanya dapat terbentuk jika sebagian besar masyarakat sudah mempunyai kekebalan (sebagian besar sudah divaksinasi), sehingga dapat mencegah penularan dan keparahan penyakit,” jelasnya.

Tetapi perlu dipahami jelas Dewi, bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada tubuh kita. Yang dapat mencegah virus Covid-19 mauk ke tubuh yaitu protokol kesehatan, sehingga vaksinasi Covid-19 plus 5M merupakan upaya yang sangat penting dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

“Tetap berfikir baik, berniat baik, agar apa yang kita lakukan juga menghasilkan sesuatu yang baik. Mari bersama-sama segera kita sehatkan negeri ini, lakukan 3M + vaksinasi + 3T, agar kesehatan segera pulih, ekonomi bangkit,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done