Pasca Jemput Paksa Jenazah Pasien Covid-19, Polisi Olah TKP di RSUD Waluyo Jati Kraksaan - Lensa Update
Trending
Loading...

18/01/21

Pasca Jemput Paksa Jenazah Pasien Covid-19, Polisi Olah TKP di RSUD Waluyo Jati Kraksaan


Kraksaan, Lensaupdate.com - Pasca penjemputan paksa jenazah pasien Covid-19 oleh ratusan warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Unit Tindak Pidana Umum (Pidum) Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) beserta tim identifikasi Polres Probolinggo melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan, Minggu (17/1/2021).

Olah TKP dilakukan pasca penyerbuan massa dari Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan yang mengambil paksa jenazah warga yang positif terkonfirmasi Covid-19. Akibat insiden tersebut, beberapa fasilitas Ruang Isolasi Khusus (RIK) RSUD Waluyo Jati, salah satunya kaca pintu masuk dan gerbangnya rusak.

Kanit Pidum Satreskrim Polres Probolinggo Iptu Maskur Ansori mengatakan olah TKP untuk mengumpulkan informasi dari beberapa saksi di lokasi kejadian.

“Sementara itu dulu (olah TKP) untuk mengumpulkan barang bukti beberapa fasilitas inventaris rumah sakit yang rusak serta mencari sumber informasi dari saksi di lokasi saat kejadian berlangsung,” kata Maskur.

Menurut Maskur, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo untuk tindak lanjut pengambilan paksa jenazah positif terkonfimasi Covid-19 tersebut.

“Untuk langkah hukumnya belum bisa dipastikan, karena kami akan koordinasikan dulu dengan pimpinan, khususnya Tim Satgas Penanganan Covid-19,” jelasnya.

Sementara Humas RSUD Waluyo Jati Kraksaan Sugianto mengatakan, aksi main hakim sendiri dilakukan oleh warga Desa Kalibuntu tersebut tidak lepas dari kurangnya pemahaman pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap pasien positif Covid-19.

“Sehingga mereka nekat mengambil keputusan dan tindakan semaunya sendiri tanpa berpikir panjang dulu. Salah satunya jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19 diambil paksa meski pihak medis belum melakukan pemusalaraan jenazah,” katanya.

Seperti diketahui, ratusan warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan menerobos masuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan membawa pulang paksa jenazah perempuan bernama Rodiyah (47) dengan menggunakan mobil pikap, Sabtu (16/1/2021) malam. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done