Malam Tahun Baru, Walikota dan Forkopimda Probolinggo Lakukan Operasi Gabungan Skala Besar - Lensa Update
Trending
Loading...

01/01/21

Malam Tahun Baru, Walikota dan Forkopimda Probolinggo Lakukan Operasi Gabungan Skala Besar


Mayangan, Lensaupdate.com - Untuk memastikan kepatuhan pemilik usaha dan masyarakat dalam menjalankan himbauan pemerintah untuk mencegah kerumuman di malam pergantian tahun 2021, Pemkot Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin melakukan operasi gabungan skala besar di sejumlah titik di Kota Probolinggo, Kamis (31/12/2020) malam.

Dari pantauan di lapangan, pada malam pergantian tahun tersebut banyak toko yang sudah tutup pada pukul 20.00. Masyarakat pun juga terlihat jarang berseliweran di jalanan Kota Probolinggo.

Turut mendampingi Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin malam tersebut, Kapolresta Probolinggo AKBP Raden Muhammad Jauhari dan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo. Mereka menyisir jalan yang kerap dijadikan tempat berkerumun oleh masyarakat. 

Sekitar pukul 20.00, Forkopimda dan tim gabungan dari TNI-Polri-Satpol PP dan BPBD berangkat dari Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo. Sasarannya adalah toko atau tempat usaha yang masih buka dan kerumunan masyarakat.

Jalur yang dilintasi malam itu antara lain Jalan Panglima Sudirman, Jalan Suroyo, Alun-alun, Jalan Patimura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pahlawan, Jalan Cokroaminoto, Gladak Serang, Jalan TGP, Taman Maramis, Asabri, Jalan Supriyadi, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, pos Alun-alun dan berakhir kembali di rumah dinas.

Di sepanjang jalan yang dilewati operasi, baik Walikota, Kapolresta dan Dandim tak segan menegur apabila ada toko atau tempat makan yang belum menutup usahanya. Di Jalan Dr Soetomo misalnya, ada kerumunan karyawan sebuah toko yang sudah tutup tapi masih duduk-duduk di tempat parkir pun dibubarkan. “Ayo pulang, pulang jangan berkerumun,” tegas Wali Kota Habib Hadi seperti dilansir dari situs resmi Pemkot Probolinggo.

Baik Wali Kota Habib Hadi, Kapolresta AKBP RM Jauhari maupun Dandim Letkol Imam mengaku bahwa masyarakat sudah disiplin mematuhi himbauan dari pemerintah. “Kami melihat di lapangan tentang aturan di malam pergantian tahun baru untuk tidak keluar rumah, cukup di rumah saja karena pandemi. Masyarakat sudah disiplin mentaati imbauan, mudah-mudahan bisa menurunkan kasus Covid-19 di Kota Probolinggo,” kata Habib Hadi.

Di malam jelang pergantian tahun, operasi yustisi jam malam berhasil mengamankan 6 orang masyarakat yang melanggar protokol kesehatan (prokes). Mereka langsung di rapid antigen dan hasilnya non reaktif.

“Kami memantau di sejumlah titik-titik, termasuk di kelurahan dan kecamatan untuk mengantisipasi aktivitas masyarakat yang keluar rumah. Kami juga menyediakan rapid tes antigen hingga pukul 01.00, Jumat (1/1). Untuk sementara (hingga pukul 22.00, Kamis (31/12)) di Wonoasih ada 2 orang yang di tes, di Kanigaran ada sekitar 7 dan semua hasilnya non reaktif. Tentunya, kami akan menunggu info terus,” pungkas Habib Hadi. (Desi Wulandari/Fastabiqul Khoirot)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done