Kota Probolinggo Terima 1.480 Dosis Vaksin Covid-19 - Lensa Update
Trending
Loading...

26/01/21

Kota Probolinggo Terima 1.480 Dosis Vaksin Covid-19


Mayangan, Lensaupdate.com - Pemkot Probolinggo menerima sebanyak 1.480 dosis vaksin Covid-19, Senin (25/1/2021) malam sekitar pukul 20.46 WIB. Vaksin tersebut diterima di Kantor Dinas Kesehatan P2KB Kota Probolinggo di Jalan Suroyo Kota Probolinggo. Dengan datangnya vaksin dari Sinovac tersebut, ribuan tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi prioritas akan mulai menjalani screening, Rabu (27/1/2021).

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin saat menyaksikan kedatangan vaksin yang dijaga ketat oleh pihak kepolisian tersebut. Turut mendampingi Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati, Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh dr Abraar HS Kuddah dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Eko Sudiwiharti.

“Alhamdulillah vaksin Covid-19 sudah diterima oleh Dinkes Kota Probolinggo sejumlah 1.480 dosis. Tentunya, Dinkes secara cepat akan melakukan tahapan vaksinasi bagi nakes,” kata Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin.

Sesuai data Dinkes, selain nakes nantinya ada pejabat esensial sekitar 10 orang yang akan divaksin. Habib Hadi berharap, dengan adanya vaksinasi ini dapat meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman dan tidak mempercayai hoax yang justru membingungkan masyarakat.

Jumlah nakes di Kota Probolinggo sebanyak 1.963, maka nakes yang akan divaksin akan dilaksanakan secara bertahap. “Nanti akan ada pengiriman lagi, setelah nakes ada lagi vaksinasi sesuai regulasi Kemenkes. Insyaallah ada jadwal lusa (27/1/2021) melakukan screening lalu vaksinasi,” imbuh wali kota.

Habib Hadi berharap, kedatangan vaksin di Kota Probolinggo menjadi awal untuk bisa lebih lega menghadapi wabah Covid-19. “Menghadapi ini (pandemi) butuh kebersamaan, kami harus menunjukkan ke masyarakat vaksin ini aman namun tetap disiplin protokol kesehatan, jangan lengah atau terlena,” katanya. 

Plt Kepala Dinkes P2KB Kota Probolinggo dr NH Hidayati melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Eko Sudiwiharti mengatakan ada 17 fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Probolinggo yang sudah di-SK-kan sebagai lokasi vaksinasi.

“Diantaranya puskesmas, pustu, RSUD dan beberapa faskes lainnya. Vaksin akan diberikan untuk nakes selama 3 sesi dalam sehari, setiap sesi terdiri dari 15 orang,” jelas Eko Sudiwiharti.

“Kenapa hanya 3 sesi, karena harus observasi selama setengah jam setelah diinjeksi. Dalam sehari nanti serentak, di puskesmas ada sendiri, di rumah sakit ada sendiri. Ada juga rumah sakit swasta yang akan mendukung program Dinkes ini,” sahut dr Abraar HS Kuddah. (Desi Wulandari/Dimaz Akbar)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done