Kesadaran Masyarakat Meningkat, 150 Orang Jalani Rapid Test Antigen di Pasar Semampir - Lensa Update
Trending
Loading...

07/01/21

Kesadaran Masyarakat Meningkat, 150 Orang Jalani Rapid Test Antigen di Pasar Semampir


Kraksaan, Lensaupdate.com - Kamis (7/1/2021) pagi, Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo kembali melakukan rapid test antigen masal di halaman Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan. Ini merupakan kegiatan hari ketiga secara berturut-turut yang dipusatkan di salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Probolinggo ini.

Dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, pelaksanaan rapid test antigen masal hari ketiga ini pesertanya lebih banyak. Hal tersebut diakui oleh Camat Kraksaan Ponirin selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kraksaan.

"Alhamdulillah, kesadaran masyarakat untuk melakukan rapid test antigen sudah mulai meningkat. Banyak masyarakat yang datang sendiri dan meminta untuk dilakukan pemeriksaan rapid antigen," katanya.

Menurut Ponirin, pihaknya memang menargetkan 1000 rapid test antigen masal itu habis dalam waktu dua minggu. Sementara dalam test ketiga di wilayah Kecamatan Kraksaan itu, merupakan jumlah tes paling banyak daripada dua hari sebelumnya."Mudah-mudahan upaya ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Kraksaan," harapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, rapid test antigen masal hari ketiga di Pasar Semampir ini diikuti oleh 150 orang yang berada di wilayah Pasar Semampir. Dari hasil pemeriksaan ini, 149 orang dinyatakan negatif dan 1 orang dinyatakan positif. Namun orang tersebut bukanlah warga Kecamatan Kraksaan, melainkan warga dari Kecamatan Kotaanyar.

"Satu orang yang positif hasil pemeriksaan rapid test antigen ini berasal dari Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar," kata Kepala Puskesmas Kraksaan Nuryakub.

Selanjutnya warga yang dinyatakan positif itu langsung dites swab untuk diperiksa melalui Polimyrase Chain Reaction (PCR) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Kemudian yang bersangkutan dipersilahkan pulang dengan memberikan surat pernyataan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Yang bersangkutan siap untuk diisolasi di rumah sehat Kabupaten Probolinggo apabila nanti hasil swabnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Kami sudah koordinasi dengan puskesmas di mana yang bersangkutan tinggal," pungkasnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done