Jemput Paksa Jenazah Covid-19, Puluhan Warga Kalibuntu Akan Diswab Masal - Lensa Update
Trending
Loading...

20/01/21

Jemput Paksa Jenazah Covid-19, Puluhan Warga Kalibuntu Akan Diswab Masal


Kraksaan, Lensaupdate.com - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan swab test terhadap sejumlah warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang melakukan pengambilan paksa jenazah Covid-19 di RSUD Waluyo Jati Kraksaan beberapa hari lalu.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Rabu (20/1/2021).

"Kami dalam waktu dekat akan melakukan swab tes terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan jenazah Covid-19 yang diambil paksa di RSUD Waluyo Jati beberapa hari yang lalu," katanya.

Ugas menegaskan, swab test itu dilakukan tidak hanya terhadap orang yang melakukan penjemputan saja, melainkan juga berlaku kepada orang yang melakukan kontak erat terhadap jenazah tersebut.

"Semua kita akan lakukan swab mas, mulai dari yang ikut menjemput paksa jenazah di RSUD Waluyo Jati sampai pada saat yang melakukan prosesi pemulasaran jenazah," terangnya.

Dari hasil tracing yang dilakukan, saat ini ada 20 orang warga Desa Kalibuntu yang akan dilakukan swab test oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

"Data sementara yang ada di kami, ada 20 orang yang melakukan kontak erat dengan jenazah dan semua akan kita lakukan swab test," tegasnya.

Ugas menambahkan, hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. "Tidak ada niatan lain, semua demi memutus mata rantai penularan Covid-19," pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, pada Sabtu (16/1/2021) malam, puluhan warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan menjemput paksa jenazah Covid-19 yang ada di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Tidak hanya itu, mereka juga merusak sejumlah fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done