Hasil Swab PCR Massal, Satu Orang Warga Kalibuntu Terkonfirmasi Positif Covid-19 - Lensa Update
Trending
Loading...

25/01/21

Hasil Swab PCR Massal, Satu Orang Warga Kalibuntu Terkonfirmasi Positif Covid-19


Kraksaan, Lensaupdate.com - Salah seorang dari 17 warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang menjalani swab PCR (Polymerase Chain Reaction) massal dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.  

"Dari 17 orang yang menjalani swab PCR, 1 orang diantaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara yang lainnya negatif," kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.
 
Menurut Dewi, satu orang yang positif Covid-19 itu memiliki riwayat kontak erat dengan jenazah. Akan tetapi yang bersangkutan bukan dari keluarganya jenazah Covid-19, namun masih memiliki hubungan kekerabatan saja.

“Dari data yang kami dapatkan, yang bersangkutan masih kerabat dengan jenazah dan untungnya datang waktu kegiatan swab. Sehingga antisipasi penyebaran bisa kami lakukan secepatnya,” jelasnya.

Dengan kooperatifnya warga yang memiliki kontak erat dengan jenazah datang mengikuti swab. Selanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan edukasi lanjutan terhadap warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan, sehingga aksi penjemputan paksa jenazah tidak terjadi kembali.

“Kalau untuk tracing lagi sepertinya sudah tidak, jadi hanya edukasi. Terlebih kemarin, saat swab masal mereka sudah kooperatif dan sudah mengakui. Sedangkan satu orang yang hasilnya positif ini masuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala),” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, belasa warga Desa Kalibuntuk Kecamatan Kraksaan dilakukan swab PCR massal di Kantor Desa Kalibuntu, Kamis (21/1/2021) lalu. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut pasca insiden penjemputan paksa jenazah Covid-19 di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Sabtu (16/1/2021) lalu. (Redaksi)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done