Cegah Gangguan Jaringan, PLN Kraksaan Pangkas Ranting Pohon - Lensa Update
Trending
Loading...

24/01/21

Cegah Gangguan Jaringan, PLN Kraksaan Pangkas Ranting Pohon


Kraksaan, Lensaupdate.com - Sebagai upaya untuk mencegah gangguan jaringan, Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Rayon Kraksaan melakukan pemanngkasan ranting pohon. Kali ini titik lokasinya berada di wilayah Kota Kraksaan, terutama di sepanjang Jalur pantura Probolinggo-Situbondo.

Hal tersebut disampaikan oleh Manajer ULP PLN Rayon Kraksaan Hendy Pranata. Menurutnya, hal itu karena banyak dahan dan ranting pepohonan yang menyentuh kabel jaringan. Sehingga pemangkasan dilaksanakan sebagai antisipasi di musim hujan kali ini.

“Sebelumnya, sempat terjadi pemadaman di daerah Kraksaan Wetan disebabkan dahan pohon yang tumbang saat hujan. Masing-masing regu targetnya 60 titik, sehingga sehari bisa 120 titik perabasan,” katanya.

Menurut Hendy, pemangkasan tersebut bukan hanya dilakukan di Kota Kraksaan saja, namun juga di 13 kecamatan yang merupakan wilayah kerjanya. Tujuannya agar bisa memberikan kenyamanan pelayanan PLN.

“Wilayah kerja kami itu ada 13 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Paiton, Kotaanyar, Pakuniran, Besuk, Kraksaan, Pajarakan, Krejengan, Gading, Krucil, Tiris, Maron, Banyuanyar dan Gending. Semua sudah terjadwal untuk pemangkasannya,” jelasnya.

Dengan adanya pemangkasan ini jelas Hendy, jaringan listrik tetap aman dan pasokan tetap lancar. Hanya saja, pihaknya juga membutuhkan peran serta dari masyarakat, salah satunya tidak menanam pohon di lokasi berdekatan dengan kabel jaringan.

“Ketika ada petugas yang ingin melakukan perabasan karena pohonnya berpotensi mengganggu jaringan, dipersilakan. Untuk pemangkasan ini, kami juga lebih prioritaskan di daerah yang kerap ada pohon tumbang, seperti di Tiris dan Krucil,” pungkasnya. (Reny Kartika/Dimaz Akbar)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done