Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021 - Lensa Update
Trending
Loading...

31/12/20

Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021


Pajarakan, Lensaupdate.com – Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021 di halaman Mapolres Probolinggo, Kamis (31/12/2020) sore.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setiyono serta segenap pejabat Polres Probolinggo.

Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021 ini diikuti oleh personil TNI dari Kodim 0820 Probolinggo, personil Polri dari Polres Probolinggo serta personil dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan mengatakan malam pergantian tahun 2021 ini berbeda dengan sebelumnya, yang mana kegiatan malam pergantian tahun ini sesuai dengan Maklumat Kapolri maupun kebijakan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo bahwa tugas kita memastikan dalam melaksanakan himbauan kepada masyarakat supaya semaksimal mungkin tidak keluar rumah apabila tidak penting.

“Kalau tidak ada kepentingan, maka masyarakat tidak perlu keluar rumah dan mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Masyarakat tidak usah mengadakan perayaan pawai atau pesta kembang api dalam rangka malam pergantian tahun,” katanya.

Kapolres menegaskan bahwa pihaknya ingin memastikan bahwa di wilayah Polres Probolinggo tidak banyak kegiatan di malam pergantian tahun. “Nantinya para personil TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP ini akan menempati pos-pos yang menjadi wilayah tugasnya berkoordinasi dengan seluruh polsek jajaran dibantu koramil jajaran,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres berpesan agar menyampaikan pesan ini secara persuasif dan humanis kepada masyarakat. Beri pengertian kepada masyarakat bahwa saat ini masih masa pandemi Covid-19 sehingga kita berkewajiban untuk menghimbau masyarakat agar tidak mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan kerumunan.

“Sampaikan dengan baik, persuasif dan humanis kepada masyarakat. Apabila masyarakat tidak mengindahkan, barulah nanti bisa mengambul langkah-langkah selanjutnya,” tegasnya.

Menurut Kapolres, pada malam pergantian tahun ini Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan mengadakan operasi yusitisi jam malam di sekitar Alun-alun Kota Kraksaan. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapid test antigen kepada masyarakat secara acak yang mau keluar rumah atau ada kegiatan di Kecamatan Kraksaan.

“Jadi tolong kepada semuanya agar membantu kegiatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dalam melakukan pemeriksaan rapid antigen.  Sehingga diketahui apakah masyarakat reaktif atau sehat terbebas dari Covid-19,” terangnya.

Selain terkait dengan kerumunan massa jelas Kapolres, pihaknya juga akan mengantisipasi kemungkinan terjadinya tawuran antar kelompok atau antar pemuda karena adanya iring-iringan sehingga menimbulkan ketersinggungan. Serta mengantisipasi terjadinya balapan liar.

“Pastikan malam pergantian tahun ini dalam keadaan aman dan terkendali. Pukul 20.00 WIB kita akan melaksanakan patroli dengan skala besar dengan memberikan himbauan kepada masyarakat supaya harus kembali ke rumah masing-masing dan tidak ada yang kumpul-kumpul di tempat-tempat umum. Hal ini sesuai dengan Instruksi Guberbur Jawa Timur dan Bupati Probolinggo terkait pemberlakuan jam malam,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done