Rembug Investasi Sarana Tingkatkan Investasi di Era Pandemi COVID-19 - Lensa Update
Trending
Loading...

01/10/20

Rembug Investasi Sarana Tingkatkan Investasi di Era Pandemi COVID-19


Probolinggo, Lensaupdate.com - Untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Probolinggo, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo  melakukan Rembug Investasi Kabupaten Probolinggo dalam rangka peningkatan investasi Kabupaten Probolinggo di Era Pandemi, Rabu (30/9/2020) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani. 

Turut hadir pula Kepala Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) V Jember R. Tjahjo Widodo bersama dengan Kepala Dinas dan Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jawa Timur Aris Mukiyono. 

Dasar hukum kegiatan rembug investasi Kabupaten Probolinggo Tahun 2020 ini diantaranya Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 Tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Selanjutnya, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 Tahun 2016 Tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi dan Kabupaten/Kota, Peraturan Daerah Kabupaten Probolingo Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah serta Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo Tahun 2021.

Kegiatan ini diikuti 30 orang peserta meliputi Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, unsur instansi vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Probolinggo, perwakilan penanam modal asing, perwakilan penanam modal dalam negeri dan perwakilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Probolinggo. 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melalui virtual menjelaskan Kabupaten Probolinggo memiliki banyak potensi yang berkembang. Tentunya Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu primadona baru di Jawa Timur mengenai investasi jika dilihat dari pembangunan infrastruktur, termasuk terkait Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). 

“Tentunya saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan rembug investasi di Kabupaten Probolinggo. Dimana rembug investasi ini merupakan yang pertama dilakukan pada saat menghadapi masa pandemi. Kegiatan ini juga bisa dicontoh oleh Provinsi Jawa Timur. Melalui momentum ini diharapkan dapat berembug dan mendekatkannya antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan pelaku usaha,” harapnya.

Sementara Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan Rembug Investasi digelar untuk melakukan rembug terkait investasi Kabupaten Probolinggo serta mengkanalkan aspirasi. Khususnya para pengusaha yang berminat menanamkan investasi di Kabupaten Probolinggo. Targetnya adalah menarik dan memudahkan investor, sehingga, bisa memberikan manfaat bagi rakyat Kabupaten Probolinggo. 

“Kami ingin membantu usaha investor untuk memenuhi segala aturan ketentuan prasyarat, sehingga prosesnya dapat dipermudah secara transparan. Dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang didukung dengan teknologi informasi didalamnya, Pemkab Probolinggo tidak akan mempersulit kepengurusan ijinnya,” katanya.

Sedangkan Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani menyampaikan penyelenggaraan rembug investasi Kabupaten Probolinggo tahun 2020 sebagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Probolinggo dalam menanggulangi pandemi kepada pemangku kepentingan (stakeholders) sektor ekonomi, mendapatkan masukan pada saat penanggulangan pandemi dari prespektif pelaku usaha dan menemukan solusi awal bagi permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh pelaku usaha di Kabupaten Probolinggo. 

Dalam Rembug Investasi Kabupaten Probolinggo ini telah dilakukan penandatanganan komitmen dalam memajukan investasi Kabupaten Probolinggo dan peningkatan kualitas iklim investasi Kabupaten Probolinggo tahun 2020 oleh UMKM Kecamatan Krejengan Rusyami, Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani, Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jatim Aris Mukiyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala Baperwil V Jember R. Tjahjo Widodo dan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. (Aulia Puspita/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done