Menuju Desa Mandiri Bersama BUMDes Sebagai Motor Penggerak - Lensa Update
Trending
Loading...

14/10/20

Menuju Desa Mandiri Bersama BUMDes Sebagai Motor Penggerak


Paiton, Lensaupdate.com - Menjadi sebuah desa mandiri dan mampu mensejahterakan masyarakatnya adalah cita-cita yang ingin diraih setiap pemerintahan desa manapun. Dan saat ini hal tersebut rupanya juga menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah desa dalam mengelola segala pos daya yang dimilikinya. 

Adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang pengelolaannya melibatkan pemerintah desa dan masyarakat, saat ini tengah menjadi primadona. Peranannya juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak untuk membawa desa menuju sebuah desa mandiri. 

BUMDes Bhinor Energi Desa Bhinor Kecamatan Paiton adalah salah satu yang kini tengah menuai keberhasilannya. Pantai Wisata Bhinor Harmony (Bohay) dan Pantai Dewi Harmony yang kini menjadi spot wisata yang sangat diminati adalah bukti nyata bahwa sektor wisata tidak harus selalu dikelola oleh swasta maupun pemerintah daerah. 

Tidak hanya mampu memberi pekerjaan kepada 100 orang masyarakat Desa Bhinor, laba dari perputaran uang pada pengelolaan wisata yang menjadi usaha utama pada BUMDes Bhinor Energi juga telah mampu menyokong biaya-biaya dan kegiatan desa yang sebelumnya tidak tersuport oleh Dana Desa. 

"Alhamdulillah selangkah demi selangkah Desa Bhinor bergerak sesuai dengan visi misi nya. Yakni mampu membangun desa secara mandiri, berdiri di kaki sendiri, tidak selalu bergantung kepada pemerintah dan mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Desa Bhinor," kata Kepala Desa Bhinor Hj Hostifawati. 

Hostifawati mengemukakan, predikat BUMDes Terbaik II se Jawa Timur yang baru diraihnya ibarat cambuk baginya untuk lebih maju. Setelah tiga tahun lamanya ia bersama BUMDes berjuang memajukan sektor wisata, kini pihaknya tengah bersiap menyasar sektor pertanian dari arah selatan desa. Peluang dan pangsa pasar pisang Cavendish yang masih luas menjadi target berikutnya. 

Hostifawati mengatakan selama ini masyarakat petani hanya mengandalkan tembakau, jagung dan padi sebagai komoditas utama. Sementara prospek hasil tembakau beberapa tahun terakhir trendnya kian menurun. Ditambah masalah pengadaan pupuk yang sering kali dikeluhkan masyarakat petani.

"Sebelum kami sosialisasikan, kami akan mengawali pada lahan satu hektar untuk mengukur tingkat kesulitan dan permasalahannya. Terutama teknik tanam dan pemakaian pupuk komposnya. Do'akan berhasil dan menjadi peluang baru yang lebih menjanjikan bagi para petani kita," terang Ketua Komisaris BUMDes Bhinor Energi ini. 

Perempuan ramah dan dikenal penuh semangat ini meyakini semua BUMDes pasti bisa maju, karena semua sama-sama memiliki potensi pendukung yang sama, potensi desa dan dukungan Dana Desa. Salah satu kuncinya adalah manfaatkan Musdes dan serap aspirasi masyarakat untuk mendapatkan ide cemerlang dan melihat potensi apa yang bisa dikelola. 

"Pemberdayaan masyarakat itu penting, Dana Desa jangan digunakan hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Pakailah untuk pemberdayaan masyarakat karena kelak hasilnya pasti juga bisa untuk digunakan sebagai pembangunan fisik," tegas Hostifawati. 

Apresiasi pun mengalir, termasuk dari Camat Paiton M Ridwan. Ia mengatakan BUMDes Bhinor Energi merupakan perwujudan super tim dari talenta terbaik Desa Bhinor dengan kepemimpinan kades yang kompeten dan dukungan penuh dari Bupati Probolinggo dan seluruh CSR yang ada. 

"Kami berharap dengan segala prestasi yang dimiliki BUMDes Bhinor Energi ini, kedepannya mampu membawa BUMDes Terbaik II Jawa Timur ini menjadi lebih maju lagi dan  menginspirasi BUMDes lain di Kecamatan Paiton dan Kabupaten Probolinggo," tandas mantan Camat Kraksaan ini. (Mimie Aulia/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done