Tersedia 5 Rumah Sehat dengan Kapasitas Total 179 Tempat Tidur - Lensa Update
Trending
Loading...

22/09/20

Tersedia 5 Rumah Sehat dengan Kapasitas Total 179 Tempat Tidur


Kraksaan, Lensaupdate.com - Ketersediaan rumah sehat kabupaten saat ini ada 5 rumah sehat Kabupaten Probolinggo yang saat ini dipakai dengan kapasitas total 179 tempat tidur. Untuk orang positif tanpa gejala dari kluster pondok pesantren dan perusahaan/perusahaan maka rumah sehat disediakan oleh masing-masing pondok pesantren/perusahaan. 

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan rumah sehat tersebut diusulkan dari masing-masing pondok pesantren atau perusahaan ke satgas, lalu oleh bidang kuratif akan dilakukan supervise. “Bila memenuhi syarat untuk tempat isolasi maka akan dipakai untuk rumah sehat pondok pesantren/perusahaan,” katanya.

Menurut Dewi, masing-masing pondok pesantren/perusahaan wajib memiliki SOP pelaksanaan protokol kesehatan dan juga dibentuknya Patriot Sehat dengan tujuan sebagai koordinator atas pelaksanaan protokol kesehatan di pondok pesantren/perusahaan tersebut. “Patriot Sehat juga harus dapat memberikan sosialisasi dan punishment bila ada santri/karyawannya yang melanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Dewi menerangkan beberapa OPD juga sudah terbentuk Patriot Sehat, misalnya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan perkantoran di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo yang sudah ada SK Patriot Sehat dan dilakukan pengukuhan. Patriot sehat melakukan monitoring penilaian risiko bahwa pelaksanaan protokol kesehatan benar-benar diterapkan di lingkungan pondok pesantren/perusahaan.

“Patriot Sehat setiap hari harus melakukan surveilans dan melaporkannya ke Satgas, sehingga dengan dilakukannya surveilans setiap hari, segera dapat terdeteksi jika ada ada transmisi penularan diarea tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut Dewi menegaskan beberapa waktu kedepan bidang promotif dan preventif juga akan melakukan pendampingan ke beberapa perusahaan untuk melihat penerapan protokol kesehatan serta melakukan sampling pemeriksaan rapid dan swab.

“Hal ini wajib dilakukan oleh Patriot Sehat dengan tujuan agar disiplin protokol kesehatan benar-benar diterapkan oleh santri/karyawannya. Ketidakdisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan menyebabkan pandemi COVID-19 di Kabupaten Probolinggo tidak kunjung usai,” tegasnya.

Dewi menambahkan segala upaya untuk menekan peningkatan kasus positif di sektor pondok pesantren/ perusahaan merupakan usaha yang harus dilakukan bersama-sama bersinergi untuk memutus rantai penularan COVID-19.

“Kesehatan harus mendapat prioritas utama walaupun ekonomi juga tidak dapat diabaikan.  Keduanya harus seimbang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat bekerja,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done