Perlunya Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Keluarga - Lensa Update
Trending
Loading...

29/09/20

Perlunya Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Keluarga


Kraksaan, Lensaupdate.com - Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan trend orang terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini tidak lepas dari penularan di keluarga. Karena keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat, sehingga seringnya kita lupa bahwa perlunya penerapan protokol kesehatan tidak hanya saat di luar rumah tapi juga sampai di dalam rumah.

“Seorang Ibu mungkin lebih banyak berperan sebagai pemerhati dan pengingat anggota keluarganya untuk tetap menjaga protokol kesehatan di rumah, menyiapkan makanan bergizi, rutin mencuci tangan dan berolahraga,” katanya. 

Menurut Dewi, saling mengingatkan agar setiap orang selepas beraktivitas di luar rumah, sebelum masuk ke dalam rumah untuk selalu melepas alas kaki dan menyemprot cairan desinfektan ke alas kaki maupun barang-barang yang dibawanya dari luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera mandi dan ganti semua pakaian serta langsung meletakkan pakaian dan masker kain direndaman detergent, jika menggunakan masker medis cara melepas dan membuangnya juga harus benar.

“Hal-hal tersebut wajib dilakukan sebelum menyentuh apapun dan sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah. Usahakan tetap menggunakan masker di dalam rumah terutama jika ada balita atau lansia yang tinggal serumah,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi menegaskan selain itu juga sebaiknya menunda atau menghindari acara-acara yang mengundang keluarga besar. “Segala upaya ini dilakukan karena kita menyayangi dan menjaga keluarga kita, untuk mencegah penularan dalam keluarga,” terangnya.

Dewi menegaskan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo selalu mengingatkan bahwa pandemi ini belum berakhir, sebaiknya masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah dan tidak keluar rumah kecuali ada hal yang mendesak seperti bekerja atau pergi ke layanan kesehatan.

“Jika ada anggota keluarga yang sakit, segera periksakan diri ke puskesmas dan jangan lupa untuk tetap menerapkan 3M meskipun di dalam rumah. Tetap sehat, tetap semangat dan produktif, sayangi diri dan keluarga kita. Salam Sehat,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done