Akurat Tidaknya Rapid Tes Antigen Tergantung Kapan Pemeriksaannya - Lensa Update
Trending
Loading...

26/09/20

Akurat Tidaknya Rapid Tes Antigen Tergantung Kapan Pemeriksaannya


Kraksaan, Lensaupdate.com - Rapid tes antigen atau yang orang biasa sebut tes swab sebenarnya ada kesalahan dalam penyebutan. Karena swab adalah cara pengambilan spesimen, sedangkan pemeriksaannya disebut rapid tes antigen atau rapid tes antibodi.

“Perlu sahabat sehat ketahui bahwa masa inkubasi virus yaitu pada hari ke-0 sampai dengan hari ke-5. Dimasa inkubasi ini sebenarnya sudah ada virus tetapi belum menunjukkan gejala,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. 

Di saat inilah terjadi puncak peningkatan jumlah virus dalam tubuh, sehingga pemeriksaan yang paling tepat adalah pemeriksaan PCR/TCM (akan menunjukkan hasil positif), tetapi bila tidak tersedia sarana PCR/TCM dapat dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen (akan menunjukkan hasil Reaktif) dan jika pada saat ini juga dilakukan pemeriksaan rapid tes antibodi maka hasilnya akan Non Reaktif karena saat ini antibodi belum terbentuk.

“Setelah hari keenam akan mulai timbul gejala. Saat inilah antibodi mulai terbentuk. Antibodi tubuh kita puncaknya timbul setelah hari ke-10, sehingga saat ini rapid tes antibodi akan Reaktif tetapi rapid tes antigen hasilnya akan jadi Non Reaktif karena jumlah virus sudah mulai menurun,” jelasnya.

Menurut Dewi, akurat tidaknya rapid tes antibodi atau antigen tergantung dari kapan kita melakukan pemeriksaannya. “Hasil tes dipengaruhi oleh kondisi perjalanan penyakit saat dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

Dewi menambahkan, rapid tes antibodi mendeteksi adanya antibodi dalam tubuh, sedangkan rapid tes antigen mendeteksi ada tidaknya protein virus dalam tubuh. Hasil rapid tes antigen Reaktif tetap harus dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR sebagai dasar diagnosa COVID-19 dan rapid tes antigen tidak dapat menggantikan pemeriksaan PCR.

“Jadi, konsultasikan setiap hasil pemeriksaan COVID-19 yang kamu dapatkan, supaya tidak salah mengartikannya ya gaess. Salam sehat,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done