Aksi Damai, Puluhan Mahasiswa dan Petani Tembakau Turun Jalan - Lensa Update
Trending
Loading...

17/09/20

Aksi Damai, Puluhan Mahasiswa dan Petani Tembakau Turun Jalan


Paiton, Lensaupdate.com - Puluhan mahasiswa dan petani tembakau di Kabupaten Probolinggo melakukan aksi damai dengan cara menggelar orasi di depan pabrik tembakau yang ada di Kecamatan Paiton dan Kraksaan, Rabu (16/9/2020). 

Tak hanya itu, mahasiswa dan petani tembakau ini juga menggelar orasi di depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan dan di depan Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo yang berada di Desa Sukomulyo Kecamatan Pajarakan.

Muhammad Tamimuddin salah satu petani tembakau mengatakan pihaknya bersama dengan para mahasiswa membawa 4 poin tuntutan kepada gudang tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Pertama, gudang buka sampai tembakau petani di Kabupaten Probolinggo terjual habis. Kedua, gudang membeli tembakau petani paling rendah seharga Rp 35 ribu sampai dengan Rp 45 ribu.

Selanjutnya, menuntut DPRD Kabupaten Probolinggo dan Bupati Probolinggo membuat Perda dan Perbup Perlindungan Petani Kabupaten Probolinggo. Dan yang terakhir DPRD dan Bupati harus memperjuangkan nasib para petani di Kabupaten Probolinggo.

Menurut Tamimuddin, saat ini harga tembakau di para petani sangat anjlok berada pada kisaran Rp 17 ribu sampai dengan Rp 24 ribu. Dengan harga itu menurut petani asal Desa Sidodadi Kecamatan Paiton ini petani mengalami kerugian yang sangat besar.

Sementara Boy Jonathan, Supervisor PT Gudang Garam Paiton mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus membeli tambakau dari dalam Kabupaten Probolinggo. Pihaknya tidak akan menerima jika ada tembakau dari luar Kabupaten Probolinggo masuk ke Gudang Garam Paiton.

Untuk harga saat ini menurut Boy, pihaknya membeli tembakau dari kisaran harga Rp 27 ribu sampai dengan Rp 35 ribu per kilogram dan harga itu bisa saja kedepan mengalami kenaikan. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done