Serunya Lomba Tradisional Semarak HUT Kemerdekaan RI - Lensa Update
Trending
Loading...

18/08/20

Serunya Lomba Tradisional Semarak HUT Kemerdekaan RI

Kraksaan, Lensaupdate.com – Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti serangkaian kegiatan lomba tradisional yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, Senin (17/8/2020) pagi.

Lomba tradisional ini dilaksanakan usai upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Setidaknya ada beberapa lomba yang dilaksanakan pada situasi wabah COVID-19 ini. Diantaranya, lomba sepeda lambat dan lomba balap kelereng bersepeda.

Kemeriahan lomba tradisional ini bertambah seiring dengan turut sertanya Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Menariknya lagi, seluruh peserta lomba ini tetap dengan pakaian resmi yang digunakan pada waktu mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Tidak hanya, mereka juga tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Lomba tradisional inipun diawali dengan lomba sepeda lambat yang diikuti oleh Wabup Timbul, Sekda Soeparwiyono dan Asisten Administrasi Umum Mahbub Zunaidi. Lomba inipun dilepas secara resmi oleh Bupati Tantri dengan pengibaran bendera.

“Sebelum saya lepas secara resmi, panitia harus menyampaikan terlebih dahulu apa saja hadiah yang akan diberikan,” ujar Bupati Probolinggo dua periode ini sambil tertawa dan disambut tawa riuh serta tepuk tangan dari seluruh pejabat yang hadir.

Keseruan terlihat, tatkala ketiganya dilepas oleh Bupati Tantri. Bak atlet professional, ketiganya sama-sama tidak mau kalah dan terus berjuang agar bisa tampil sebagai pemenang. Namun trik yang digunakan oleh Wabup Timbul menempatkannya tampil sebagai pemenang.

Aksi inipun terus berlanjut tatkala sejumlah pejabat lain turut serta mengikuti sepeda lambat tersebut. Masing-masing pejabatpun mengeluarkan “jurus” terbaiknya supaya mampu memenangi perlombaan.

Momentum tak kalah serunya terlihat pada lomba balap kelereng bersepeda. Lomba yang satu ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab seluruh peserta harus menggigit sebuah sendok yang sudah ada kelerengnya sambil bersepeda. Siapa yang kelerengnya tidak jatuh sampai garis finish, dialah yang akan menjadi pemenang. Sulitnya lagi, mereka harus menggigit sendok dalam posisi tetap memakai masker.

Dalam lomba ini, Wabup Timbul dengan sigap dan cepat, mampu sampai di garis finish dengan posisi kelereng tidak jatuh. Bahkan sampai kembali lagi ke garis start. Tentu aksinya ini mendapatkan tepuk tangan dari semua yang pejabat.

Perlombaan ini diakhiri dengan lomba sepeda lambat yang diikuti oleh Bupati Tantri, Wabup Timbul dan Sekda Soeparwiyono. Namanya juga hanya untuk menjalin keakraban diantara sesama, maka lomba inipun hanya sebatas untuk hiburan saja.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengungkapkan lomba-lomba tradisional berupa lomba sepeda lambat dan lomba balap kelereng dengan sepeda ini dilakukan untuk turut serta memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

“Tujuannya, walaupun sekarang masih dalam situasi pandemi COVID-19, tetapi tidak mengurangi rasa syukur kita untuk memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done