Pemkab Probolinggo Peringati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI - Lensa Update
Trending
Loading...

17/08/20

Pemkab Probolinggo Peringati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI

Kraksaan, Lensaupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia secara sederhana dengan upacara dan pengibaran bendera merah putih di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, Senin (17/8/2020) pagi. Tema peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 ini adalah “Indonesia Maju”.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Camat Krejengan Doddy Kurniawan. Sedangkan perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

Sementara pembaca teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, pengibar bendera merah putih adalah siswa dan siswi SMAN 1 Kraksaan (Satria Kurnia Rahmat, Genius Putra Pratama dan Fauzah Ainun J.) serta iringan musik dari Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Hadir dalam upacara ini Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, perwakilan Forkopimda dan perwakilan Rutan Kelas IIB Kraksaan, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan dalam situasi wabah pandemi COVID-19 ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker dan jaga jarak aman. Peserta upacarapun dibatasi jumlahnya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan remisi secara simbolis bagi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kraksaan serta pemberian tali asih kepada pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo yang sudah purna tugas.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan pandemi COVID-19 telah membawa dampak yang luar biasa bagi sendi-sendi kehidupan sosial ekonomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

“Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah perjuangan keras menghadapi dampak pandemi COVID-19, hendaknya dapat dijadikan momentum untuk bangkit menyatupadukan langkah dalam mereposisi strategi dan memastikan seluruh rencana aksi Indonesia sehat, Indonesia bekerja dan Indonesia tumbuh sampai dengan tataran masyarakat terbawah,” ungkapnya.

Menurut Bupati Tantri, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia hendaknya juga dijadikan ajang memetik pembelajaran dari semangat dan teladan para pendiri bangsa yang telah mewariskan spirit kebersamaan, gotong royong, gigih berjuang, ketangguhan dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita kemerdekaan serta upaya membangun kemandirian dalam menggapai kehidupan yang lebih baik di tengah keterbatasan dan rintangan yang dihadapi. Semua ini dapat menjadi modal bangsa dalam mengakselerasi kebangkitan untuk Indonesia maju.

“Kini dengan perjalanan panjang kemerdekaan Indonesia, spirit bangkit untuk masa depan yang lebih baik dalam menggapai Indonesia maju, harus dapat menjadi visi bersama  yang melandasi setiap derap langkah dan tindakan seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi segala rintangan dan tantangan keberlanjutan pembangunan, terlebih di tengah kondisi global yang masih kurang menguntungkan akibat pandemi COVID-19,” jelasnya.

Bupati Tantri menegaskan pandemi COVID-19 juga telah mengubah cara dan kebiasaan kerja, terjadi transformasi digital dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Transformasi digital ini diharapkan dapat terus ditingkatkan pada masa-masa mendatang. Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI hendaknya dapat dijadikan  momentum transformasi digital di Indonesia yang perlu terus ditingkatkan implementasinya.

“Perkembangan situasi global yang kurang menguntungkan akibat dampak pandemi COVID-19 hendaknya dapat menjadikan kita semakin bersatu dalam keberagaman, gotong royong, tangguh dalam menghadapi tantangan, mendorong kecepatan, mentranformasikan Indonesia sehat, Indonesia bekerja dan Indonesia tumbuh dengan dukungan akselerasi transformasi digital guna bangkit untuk Indonesia maju,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menambahkan bangkit untuk Indonesia maju yang menjadi tujuan bersama sudah barang tentu membutuhkan lompatan besar, utamanya dalam mendukung akselerasi serta upaya  sungguh-sungguh dalam terus meningkatkan  sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dalam mempersiapkan dan memastikan setiap lompatan-lompatan kemajuan dilaksanakan dalam metode yang terukur dan dengan cara-cara kerja serta terobosan baru.

“Bangkit untuk Indonesia maju diharapkan dapat mempercepat capaian visi Indonesia maju 2045. Hal ini sejatinya merupakan visi besar dalam  mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat kita jadikan momentum kebangkitan untuk Indonesia maju. Dirgahayu Indonesiaku,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done